Senin, 17 Februari 2020

Tidak Hanya Produk Industri, Pemerintah Terus Tingkatkan Ekspor pada Sektor Pertanian

- 29 Desember 2019, 15:25 WIB
SEKRETARIS Menko Perekonomian bersama para petani.* /Kemenko Bidang Perekonomian RI



PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah terus mengupayakan pengembangan produk yang memiliki daya saing dan potensi ekspor yang tinggi.

Dalam upayanya, pemerintah tidak hanya mengembangkan produk-produk industri, tetapi juga produk dari sektor lain seperti pertanian.

“Untuk mempercepat program peningkatan ekspor produk pertanian tersebut, Pemerintah mendorong pengembangan kawasan hortikultura berorientasi ekspor sebagai program prioritas yang menjadi quick wins Kemenko Perekonomian,” ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono.

Baca Juga: Film Serial Netflix Bertajuk Messiah Tuai Kontroversi

Hal itu disampaikan olehnya saat memberikan sambutan dalam launching dan penanaman perdana pengembangan hortikultura berorientasi ekspor tingkat nasional pada hari Sabtu, 28 Desember 2019, di Kabupaten Jembrana, Bali.

Suswijono juga menjelaskan bahwa adanya peran sektor pertanian dalam pertumbuhan ekonomi nasional semakin penting dan strategis.

Kontribusi sektor pertaniann dalam Produk Domestik Bruto (PDB) menempati posisi ketiga setelah sektor industri dan perdagangan.

Baca Juga: Star Wars: The Rise of Skywalkers Buat Penonton Kejang-Kejang

Per bulan Agustus 2019, sektor pertanian tercatat mengalami surplus sebesar US$ 0,34 atau tumbuh sebesar 12% dari tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X