Kamis, 23 Januari 2020

Soal Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo: Jangan demi Lingkungan Saja Pertumbuhan Ekonomi Tertunda

- 15 Desember 2019, 19:26 WIB
Lobster.* /THE TELEGRAPH

YOGYAKARTA, (PR).- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo hingga saat ini masih mematangkan rencana membuka ekspor benih lobster dengan menghimpun berbagai masukan.

"Dibahas terus, semua opsi kita buka, kita lihat. Tentunya nanti akan diputuskan, akan diumumkan pada waktunya," kata Edhy seusai mengikuti Pawai Budaya Nitilaku 2019 di kawasan Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Minggu 15 Desember 2019.

Menurut dia, polemik mengenai ekspor benih lobster perlu menemukan jalan tengah karena faktanya memang ada sebagian nelayan yang selama ini menggantungkan hidupnya dengan menangkap benih lobster, meski di sisi lain ada pula yang bergantung dengan lobster dewasa.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Bongkar Tarif Ongkir Ilegal Benih Lobster, Sentuh Angka Ratusan Juta Sekali Kirim

"Tinggal kita lihat jalan tengahnya seperti apa. Tidak boleh lingkungan rusak karena ambisi pribadi, tapi juga jangan demi alasan lingkungan saja pertumbuhan ekonomi kita tunda," kata dia.

Saat masih duduk di Komisi IV DPR RI, Edhy mengaku mendapatkan banyak masukan dari para nelayan pengambil benih lobster merespons kebijakan KKP kala itu yang melarang penangkapan benih lobster.

BENIH lobster.*
BENIH lobster.*

Para nelayan itu mengharapkan solusi mengingat penghasilan mereka bergantung pada sektor itu.

"Mereka keberatan, mereka mau makan apa. Ini juga kita dengar kan. Keputusan itu diminta difasilitasi, sampai sekarang kan belum ada," kata Edhy seperti dilaporkan Antara.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X