Senin, 27 Januari 2020

Perang Dagang Tiongkok dan AS akan Berakhir, Sudah Capai Kesepakatan Fase Pertama

- 15 Desember 2019, 07:33 WIB
ILUSTRASI perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Amerika Serikat dan Tiongkok mengumumkan pencairan besar-besaran dalam perang dagang mereka pada Jumat, 13 Desember 2019.

Tidak hanya itu, kedua negara tersebut juga turut melakukan pemotongan langsung untuk menghukum tarif impor, tetapi tidak sesuai dengan konidisi pasar.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Channel New Asia, Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah mengkonfirmasi bahwa pihak AS telah menyetujui kesepakatan perdagangan di fase pertama.

 Baca Juga: Teror Narkoba di Kanada, 14 Ribu Orang Tewas Hanya dalam 4 Tahun

"Kami telah menyetujui Kesepakatan besar di Fase Pertama dengan Tiongkok," cuit Presiden Donald Trump di akun Twitternya, @realdonaldtrump, setelah para pejabat di Beijing membuat pengumuman serupa.

Seorang pejabat senior administrasi Trump menyebut, penandatanganan kesepakatan di tingkat menteri diharapkan untuk dimulai pada minggu pertama Januari 2020.

Berita itu adalah keuntungan bagi Trump yang sedang menghadapi pemungutan suara kongres tentang pemakzulannya karena penyalahgunaan jabatan pada pekan depan.

 Baca Juga: Korea Utara Kembali Gelar Uji Coba Rahasia yang Disebut Sangat Penting

Dengan kampanye pemilihan ulang tahun 2020 yang semakin cepat, ia perlu menunjukkan kepada para pemilih bahwa dengan keputusannya untuk mengakhiri perang dagang akan membuahkan hasil.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso

Sumber: Channel News Asia

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X