Selasa, 28 Januari 2020

One Pesantren One Product Pemprov Jabar Bisa Menasional, 10 Pesantren Raih Penghargaan

- 14 Desember 2019, 20:35 WIB
SANTRI memperlihatkan produknya pada Gelar Produk One Pesantren One Product di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu 14 Desember 2019.* /ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PR).- Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan One Pesantren One Product atau OPOP yang digagas Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil bisa menjadi proyek percontohan untuk pemberdayaan UKM tingkat nasional.

"Gerakan pemberdayaan ekonomi umat seperti OPOP bisa menjadi pilot project pemberdayaan UKM tingkat nasional," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan seusai menghadiri pembukaan gelar produk koperasi pondok pesantren yang tergabung dalam OPOP di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu 14 Desember 2019.

Rully mengatakan, dia diminta langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk ke Tasikmalaya beberapa waktu lalu terkait koperasi.

"Dan saya melaporkan (kepada Menteri Koperasi dan UKM), kelihatannya ini untuk membangun pesantren Jawa Barat di 2020 harus menjadi pilot project,” kata Rully kepada Antara.

Baca Juga: Pulang Pameran di Turki, Koperasi Pesantren Aa Gym Terima Pesanan 10 Ribu Tas dari Serbia

Rully juga menyatakan, pemberdayaan ekonomi rakyat melalui koperasi dan UKM menjadi perhatian pemerintah pusat.

"Fakta lain menunjukkan kita tidak boleh pada saat ini meninggalkan peran usaha mikro, kecil, dan menengah," katanya.

"Kalau dari statistik yang memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB ternyata bukan usaha besar. Usaha mana? Usaha mikro. UMKM secara keseluruhan itu memberikan kontribusi 60 persen (untuk PDB) dan lapangan kerja 97 persen tenaga kerja kita terserap di UKM," ujar dia.

WAGUB Jabar Uu Ruzhanul Ulum meninjau produk santri pada Gelar Produk One Pesantren One Product di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu 14 Desember 2019.*
WAGUB Jabar Uu Ruzhanul Ulum meninjau produk santri pada Gelar Produk One Pesantren One Product di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu 14 Desember 2019.*

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X