Kamis, 23 Januari 2020

Tingkat Inklusi dan Literasi Keuangan Jabar Capai Target

- 13 Desember 2019, 19:29 WIB
PETUGAS menghitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran uang asing, di Jakarta, belum lama ini.* /Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

BANDUNG, (PR).- Tingkat literasi dan inklusi keuangan Jawa Barat menunjukkan peningkatan dan mencapai target yang ditetapkan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tingkat inklusi Jabar
88,48% meningkat dari survei pada 2016 yang tercatat 71,4%. Sedangkan untuk tingkat literasi 37,43% meningkat dari survei pada tahun 2016 yang tercatat 33%.

“Dari target tingkat inklusi 75% dan literasi keuangan sebesar 35% di akhir tahun 2019 telah tercapai,” ujar Kepala OJK Regional 2 Jabar Triana Gunawan, saat Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Jabar Semester-2 Tahun 2019, di Bandung, Jumat, 13 Desember 2019.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi, Industri Asuransi Gunakan Platform Media Sosial

Peningkatan tersebut tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi yang dilakukan seluruh stakeholder keuangan di wilayah ini.

Selain itu tentunya perkembangan positif tersebut akan terus sejalan dengan upaya perluasan akses keuangan masyarakat Jabar.

“Upaya perluasan akses keuangan masyarakat Jabar terus menjadi prioritas OJK bersama dengan Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, karena akses keuangan erat kaitannya tidak hanya dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga untuk mendukung tersedianya sumber pembiayaan pembangunan ekonomi,” katanya.

Ia menjelaskan, meningkatnya akses keuangan masyarakat akan meningkatkan jumlah simpanan dan investasi.

Hal itu akan terefleksikan dalam penyaluran kredit/pembiayaan dari sektor jasa keuangan
untuk mendorong laju perekonomian.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X