Kamis, 23 Januari 2020

Perang Harga Produk Impor dengan Produk Lokal, Membuat Resah Pelaku UMKM di Jabar

- 9 Desember 2019, 21:33 WIB
AGUS Suherman (47) di di bengkel pembuatan pot kayu miliknya, di Kampung Sukamanah, RT 3 RW 11, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis, 21 Februari 2019.*/HENDRO HUSODO/PR /Hendro Susilo Husodo

BANDUNG (PR) - Persaingan produk import yang semakin banyak memasuki Indonesia dinilai meresahkan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khusunya di wilayah Jawa Barat.

Ironisnya, pada saat bersamaan pelaku usaha indonesia dengan skala UMKM harus berhadapan dengan beban upah minimum kota/kabupaten (UMK) yang semakin besar. Maka, beban usaha pun semakin besar.

Bagi pelaku UMKM, dengan mereka menambah beban usaha semakin besar, mereka juga dihadapkan dengan daya saing produk yang semakin merosot.

Baca Juga: Setidaknya Ada Empat Hal yang Harus Dievaluasi dalam UU Pemilu

Para pelaku UMKM meminta agar pemerintah meningkatkan dan mengutamakan proteksi produk lokal, karena kian hari teknologi di Indonesia semakin meningkat.

Para calon konsumen pun bisa dengan mudah mendapatkan produk impor dengan murah melalui marketplace, bahkan bisa didapat dengan promo gratis ongkir.

Diberitakan sebelumnya oleh dari Pikiran-Rakyat.com, menurut Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Barat, bukan hanya TPT, industri makanan minuman, kerajinan, perlengkapan rumah tangga, dan mainan anak-anak juga terkena dampaknya. Produk-produk tersebut semakin gencar masuk ke Indonesia.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Ketua Umum DPP Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) Suryani Sidiq Motiq menegaskan bahwa harus ada proteksi dari pemerintah pusat atau daerah terhadap produk lokal yang diproduksi oleh pengusaha dlaam negeri agar tidak tergerus oleh gempuran produk impor.

Baca Juga: Ahok Diangkat Jadi Komisaris Utama Pertamina, Erick Thohir: Bukan Hanya Jokowi, Melainkan Keputusan Bersama

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Antara, Pikiran Rakyat

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X