Senin, 27 Januari 2020

Dianggap Tidak Pro UMKM, Berikut Tanggapan Pemprov Jabar Soal Mbizmarket.co.id

- 9 Desember 2019, 13:18 WIB
E-Commerce.* /DOK. REUTEURS

BANDUNG (PR) - Akhir pekan lalu Pemprov Jabar menggandeng perusahaan e-commerce Mbizmarket.co.id. Nantinya barang-barang kecil yang dibutuhkan secara cepat akan dibeli melalui e-commerce tersebut, sedangkan untuk pengadaan besar tetap menggunakan e-katalog.

Kerja sama itu bertujuan untuk menekan potensi korupsi dalam pengadaan barang dan jasa. Nota kesepahaman kerja sama (MoU) ditandatangani oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan CEO Mbizmarket.co.id Rizal Paramarta serta COO dan Co Founder Mbizmarket.co.id Ryn Hermawan.

Baca Juga: Peringati Hari Antikorupsi, Jokowi Pilih Tonton Nadiem Makarim dan Erick Thohir Daripada Penuhi Undangan KPK

Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Barat (Jabar) menilai, keputusan Pemprov Jabar menggandeng Mbizmarket.co.id, sebuah perusahaan e-commerce, kurang tepat. Ketua Japnas Jabar, Iwan Gunawan, mengatakan, seharusnya peluang tersebut diberikan kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jabar.

Ia menilai, ada kemungkinan produk-produk di platform itu adalah produksi usaha besar dan belum tentu berasal dari Jabar. Namun, ia menilai, dilihat dari sisi semangat transparansi dan efisiensi yang diusung pemerintah dalam kebijakan tersebut sangat bagus.

Menanggapi hal tersebut, Pemprov Jabar memastikan bahwa platform mbiz.marketplace merupakan media tempat berhimpun para penjual, termasuk usaha mikro kecil menengah (UMKM), yang semuanya berlokasi di Jawa Barat (Jabar). Tidak ada penjual di luar Jabar.

Baca Juga: 3 Bulan Tak Jabat Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti Aktif Serukan Perang Sampah Plastik di Pangandaran

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jabar Ika Mardiah, mengatakan, dengan menggandeng mbiz.marketplace, Pemprov Jabar hanya mengubah transaksi di bawah Rp 50 juta yang biasanya ke toko konvensional berubah ke online.

Ia mengatakan, toko-toko konvensional yang ada di sekeliling kantor Perangkat Daerah bergabung dalam mbiz.marketplace.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X