Jelang Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Menhub Prediksi Pelabuhan Merak-Bakauheni Lebih Padat

- 9 Desember 2019, 10:14 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi memprediksi bakal terjadi lonjakan volume kendaraan di Pelabuhan Merak-Bakauheni saat libur Natal 2019 dan tahun baru 2020. /WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR

KARAWANG (PR) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan di Pelabuhan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

Sebagaimana Pikiran-Rakyat.com kutip dari Antara, Menhub memperkirakan titik-titik krusial yang akan terjadi penumpukan pemudik libur natal dan tahun baru 2020.

"Selain Jalan Tol Jakarta-Cikampek, titik krusial lain yang harus diperhatikan adalah Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Kemungkinan akan semakin banyak masyarakat bepergian menggunakan kendaraan karena (sebagian) Tol Trans-Sumatera selesai," jelas Budi Karya Sumadi kepada pers saat meninjau pembangunan Jalan Tol Elevated Jakarta-Cikampek II Karawang, Jawa Barat, Minggu 8 Desember 2019.

Baca Juga: Penurunan Muka Tanah Cekungan Bandung Terluas di Dunia, Dinas ESDM Jabar Akan Perketat Izin Air Tanah Industri

Pada November lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan dua ruas Tol Trans-Sumatera yaitu ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang berjarak 325 km.

Telah beroperasinya sebagian ruas Tol Trans-Sumatera yang menghubungkan Provinsi Bandar Lampung hingga Sumatera Selatan akan meningkatkan animo masyarakat menggunakan kendaraan roda empat untuk berlibur atau mudik ke kampung halamannya.

Dengan adanya Tol Trans Sumatera ini, pemudik dari Pulau Jawa nantinya akan menempuh perjalanan yang lebih singkat dari Pelabuhan Bakauheni hingga Sumatera Selatan. Waktu tempuh yang biasanya 10 jam dapat berkurang menjadi 3 jam.

Sehingga, untuk mengantisipasi lonjakan kepadatan penumpang dan kendaraan, Menhub akan berkoordinasi dengan pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Baca Juga: Muhammad Khan Persembahkan Piala Citra 2019 Untuk Shah Rukh Khan

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X