Kamis, 23 Januari 2020

Keputusan Pemprov Jabar Gandeng Mbizmarket.co.id Dinilai Kurang Tepat

- 8 Desember 2019, 12:39 WIB
ILUSTRASI belanja online.* /DOK. CANVA

BANDUNG, (PR) - Keputusan Pemprov Jabar menggandeng Mbizmarket.co.id untuk pengadaan barang dinilai kurang tepat oleh Jaringan Pengusana Nasional (Japnas) Jabar.

Ketua Japnas Jabar, Iwan Gunawan, mengatakan, seharusnya peluang tersebut diberikan kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jabar.

"Saya kira ini kebijakan kurang tepat. Kalau Pemerintah Jabar berkomitmen untuk mendukung penguatan UMKM di Jabar, seharusnya belanja publik di bawah Rp 50 juta diberikan kepada UMKM Jabar," katanya, di Bandung, Minggu, 8 Desember 2019.

Menurut dia, belanja publik di bawah Rp 50 juta itu justru menjadi peluang bagi UMKM pengadaan di Jabar. Ia mengatakan, seharusnya peluang tersebut diberikan pada UMKM Jabar.

"Tentu saja dengan cara membuat platform sendiri. Pelaku usaha yang bergabung dengan platform ini juga merupakan UMKM Jabar yang diseleksi atau dikurasi dari sisi kualitas, kapasitas, dan kuntinuitas," katanya.

Baca Juga: Indonesia Kokoh di Posisi Dua Klasemen Medali SEA Games 2019

Ia mengaku menyayangkan keputusan pemerintah yang memberikan peluang tersebut kepada platform exsisting. Padahal, menurut Iwan, ada kemungkinan produk-produk di platform itu adalah produksi usaha besar dan belum tentu berasal dari Jabar.

"Ini yang harus dikoreksi," ujarnya.

Jika dilihat dari sisi semangat transparansi dan efisiensi serta menghindari prilaku koruptif yang diusung pemerintah dalam kebijakan tersebut, menurut Iwan, sudah sangat bagus. Akan tetapi, menurut dia, itu saja tidak cukup.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X