Kamis, 23 Januari 2020

4 Manfaat Asuransi yang Perlu Diketahui

- 6 Desember 2019, 20:07 WIB
ISTIMEWA. /DOK PT POS INDONESIA


UNTUK sebagian orang saat ini belum begitu paham dan menyadari tentang pentingnya asuransi, terkadang banyak orang yang menghindar ketika kita menyinggung soal asuransi. Hal itu dikarnakan mereka belum mengetahui manfaat dan pentingnya asuransi.

Dalam kehidupan setiap orang tentunya memiliki resiko, tidak ada kehidupan yang 100% aman dari resiko. Sakit, kecelekaan, sampai dengan tutup usia merupakan resiko yang harus dihadapi sewaktu-waktu dan tidak jarang menguras harta benda dan aset yang kita miliki.Berbagai usaha pasti kita lakukan untuk menghindari faktor resiko tersebut.

Sebagai contoh, kita lebih memilih memakai transportasi darat dibanding udara untuk meminimalisir resiko yang terjadi. Resiko dapat diartikan sebagai kemungkinan ataupun potensi kerugian yang bisa saja timbul tanpa dikehendaki. Unsur ketidakpastian dalam resiko membuat kemungkinan ini dapat menimpa siapa saja, kapan saja, maupun di mana saja.

Baca Juga: Samsat Gandeng PT Pos Indonesia untuk Tingkatkan Kepatuhan Bayar Pajak

Yuk kita intip manfaat-manfaat asuransi dibawah ini yang sangat berguna bagi kita, yaitu:

1. Menghadirkan Rasa Aman
Asuransi memberikan rasa aman untuk menghadapi semua resiko sehingga kita dapat lebih berkonsentrasi dalam beraktivitas dan mengembangkan diri. Hidup pun akan lebih tenang karena merasa terlindungi.

2. Meminimalisir Resiko
Sesuai fungsi utamanya sebagai pengalih resiko, asuransi tentu saja dapat membuat potensi kerugian yang kita bisa alami dari risiko tertentu menjadi seminimal mungkin.

3. Memberi Kepastian
Resiko bersifat tidak pasti, namunkita dapat memperoleh kepastian dari asuransi. Artinya kita sudah dapat memperkirakan biaya atau akibat finansial dari resiko yang bisa muncul kapan saja.

4. Menabung dan Investasi
Sesuai fungsi utamanya sebagai pengalih resiko, asuransi tentu saja dapat membuat potensi kerugian yang kita bisa alami dari risiko tertentu menjadi seminimal mungkin.

Baca Juga: Indonesia Banjir Emas pada Hari Keenam SEA Games 2019 Filipina

Asuransi memang tidak dapat menghilangkan resiko yang mungkin timbul dalam kehidupan kita. Namun dengan memiliki asuransi, kita akan sangat terbantu jika resiko tersebut tiba-tiba datang.

Menjual asuransi tidaklah mudah, membutuhkan teknik khusus yang tentunya berbeda dengan cara menjual atau memasarkan produk lainnya.

Kepercayaan adalah hal merupakan salah satu kunci sukses untuk menjual asuransi namun untuk mendapatkan kepercayaan tersebut tentunya membutuhkan strategi yang tepat. Hal ini tentunya membutuhkan waktu dan kesabaran.

Baca Juga: Rentan stres, Jurnalis Butuh Asuransi Jiwa

Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menjual asuransi, yaitu:

1. Prospecting (Prospek)
Merupakan langkah awal dalam proses penjualan. Prospek adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membeli, yang telah menunjukan rasa tertarik pada produk yang ditawarkan.

2. Approching (Pendekatan)
Pendekatan dilakukan saat berinteraksi langsung dengan nasabah dengan tujuan melakukan follow up terhadap hasil prospek.

3. Fact Finding (Mengindentifikasi atau menggali kebutuhan)
Sebuah proses dimana menggali, mengenali atau menciptakan kebutuhan nasabah.

4. Presenting Solution (Memberikan Solusi)
Langkah ini bertujuan untuk memberikan satu rekomendasi solusi untuk memenuhi kebutuhan nasabah.

5. Closing (Menutup Penjualan)
Closing adalah sebuah akibat dari rentetan langkah penjualan dengan kata lain closing adalah otomatisasi dari sebuah proses.

6. After Sales (Purna Jual)
Merupakan layanan purna jual atau layanan yang diberikan pada peserta asuransi setelah melakukan pembelian produk.

Kini Pos Indonesia menghadirkan terobosan baru yaitu Pos Assurance yang akan memberikan perlindungan secara maksimal, dengan premi yang murah dan terjangkau.

Pos Assurance hadir dengan berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita, diantaranya Perisai Diri dan Rencana Aman.

Perisai Diri
Apa sih Perisai Diri itu? Perisai Diri merupakan layanan Pos Assurance yang memberikan perlindungan asuransi jiwa.

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X