Kamis, 23 Januari 2020

Sempat Inflasi, Optimisme Konsumen Tetap Terjaga

- 6 Desember 2019, 05:03 WIB
ILUSTRASI kebutuhan pokok di pasar tradisional.* /ADE MAMAD/PR

TASIKMALAYA, (PR).- Survei Konsumen (SK) di wilayah Kota Tasikmalaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia, pada bulan November 2019 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga.

Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2019 yang tetap berada dalam zona optimis (di atas 100) yakni sebesar 121 ,8.

Optimisme konsumen ditopang oleh persepsi yang tetap positif terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi ke depan.

Baca Juga: Bawang Merah Jadi Biang Inflasi di Tasikmalaya

Kondisi tersebut tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) yang berada dalam zona optimis mencapai angka 1 1 5,7 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Demikian pula dengan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada bulan November 2019 menunjukkan kondisi yang optimis pada level 127,9, ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kondisi kegiatan usaha dengan indeks 1 41 ,4 yang mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

"Hasil survei mengindikasikan tekanan kenaikan harga yang sedikit meningkat pada 3 bulan dan 6 bulan mendatang (Februari dan Mei 2020)," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 5 Desember 2019.

Baca Juga: Bank Indonesia Waspadai Dampak Pelemahan Ekonomi Tiongkok

Hal tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi harga tiga bulan mendatang yaitu sebesar 1 82,1 . Responden menilai bahwa kenaikan harga pada 3 bulan mendatang didorong oleh kenaikan komoditas makanan, non makanan, energi, perumahan dan jasa.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X