Rabu, 22 Januari 2020

Indonesia Sepakati Peningkatan Kerja Sama Ekonomi dengan Amerika Serikat dan ASEAN

- 5 Desember 2019, 19:54 WIB
PRESIDEN Joko Widodo mempersilakan Ketua Dewan Bisnis Amerika Serikat-ASEAN Alexander C Feidman (ketiga kiri) bersama delegasi saat pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 5 Desember 2019.* /ANTARA

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo menerima delegasi Dewan Bisnis Amerika Serikat (AS)-ASEAN di Istana Merdeka, Kamis 5 Desember 2019.

Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di tengah ketidakpastian perekonomian global.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi rata-rata di ASEAN adalah 5,1 persen, jauh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi global.

Demikian pula dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dalam lima tahun terakhir telah tumbuh lebih dari 5 persen per tahun.

Baca Juga: Menteri Pertanian Ungkap Cadangan Beras Nasional dan Peluang Ekspor

“Indonesia dan ASEAN akan berlari lebih cepat untuk mendapatkan pertumbuhan dan pemerataan. Kami terbuka untuk kerja sama dengan negara manapun untuk kepentingan yang saling menguntungkan,” katanya.

Menurut Jokowi, dalam situasi saat ini, kehadiran AS di negara-negara ASEAN, baik dalam hal politik maupun ekonomi, tidak bisa dihindari.

Kehadiran AS tersebut, tidak hanya akan menguntungkan AS dan ASEAN, tetapi juga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di Indo-Pasifik yang lebih luas.

ILUSTRASI ekspor impor.*
ILUSTRASI ekspor impor.*

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X