Selasa, 10 Desember 2019

Dukung Pemberdayaan Ekonomi bank bjb Salurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

- 3 Desember 2019, 06:36 WIB
Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) antara bank bjb dengan PT Citra Octa Rajawali, PT Bendara Fortuna Indonesia, PT Antar Indosadya dan PT Sukma Karya Sejati. //DOK Coorporate Secretary bank bjb

BANDUNG, (PR).- PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk. (bank bjb) senantiasa mendukung upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), penciptaan lapangan kerja, dan penanggulangan kemiskinan melalui pembiayaan antara lain dilakukan dengan memberikan penjaminan kredit bagi UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hari Jumat, 22 November 2019, bertempat di Gedung Kertawahana Kantor Pusat bank bjb telah diselenggarakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) antara bank bjb dengan PT Citra Octa Rajawali, PT Bendara Fortuna Indonesia, PT Antar Indosadya dan PT Sukma Karya Sejati.

Diselenggarakannya Perjanjian Kerjasama tersebut adalah sebagai bentuk dukungan nyata dan peran serta bank bjb dalam menumbuhkan perekonomian di pedesaan terutama sektor UMKM melalui pembiayaan KUR untuk POMDES.

Baca Juga: Menakar Peluang Bank bjb Hadapi Ancaman Resesi Global

POMDES adalah program ekonomi kerakyataan yang berbasis teknologi dan energi dengan rincian program POMDES yakni penyediaan energi BBM, BBG, BBG, penjualan sembako, bahan kebutuhan pokok lainnya seperti pulsa, token listrik dan Payment Point Online Bank (PPOB) dan marketplace desa.

Selain itu dalam rangka mendukung program Pemerintah di sektor ketenagakerjaan khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI), bank bjb melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan dalam penyaluran KUR TKI.

bank bjb dipercaya oleh Pemerintah sebagai salah satu Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat termasuk KUR TKI. Saat ini Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu Provinsi yang tercatat paling banyak dalam pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri, hal ini yang menjadikan peluang bisnis bagi bank bjb dalam pembiayaan penempatan Pekerja Migran Indonesia melalui KUR TKI.

Baca Juga: Praktik Bisnis Berkelanjutan bank bjb Diganjar Penghargaan “Gold Rank”

Dihubungi secara terpisah, Suartini selaku Direktur Konsumer dan Ritel bank bjbmenuturkan, “terselenggaranya PKS ini merupakan bukti nyata bank bjb selalu mendukung program-program pemerintah dan terutama sebagai Bank Penyalur tentunya mendukung program pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan.

Selain sumbangsih yang besar terhadap perekonomian Indonesia, UMKM juga merupakan salah satu solusi untuk mengurangi ketimpangan maupun kesenjangan pendapatan masyarakat Indonesia, karena sektor ini mempunyai ketahanan ekonomi yang tinggi.

Selain itu dalam PKS hari ini juga telah tersalurkan KUR TKI yang mana PMI, merupakan pahlawan Devisa dan Duta Bangsa, sehingga hal ini akan memudahkan PMI untuk dapat bekerja ke luar negeri melalui pembiayaan yang diberikan melalui bank bjb.”***



Editor: Rahmad Maulana

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X