Selasa, 10 Desember 2019

Ini Alasan Inflasi Desember Diprediksi Lebih Tinggi

- 2 Desember 2019, 15:53 WIB
ILUSTRASI Inflasi.* /DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks harga konsumen November 2019 mengalami inflasi 0,14 %. Pemerintah diminta waspada karena inflasi Desember diprediksi lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan inflasi November 2019 dipengaruhi oleh bahan makanan. "Kenaikan harga bahan makanan yang memicu inflasi tersebut diantaranya bawang merah, tomat sayur, dan daging ayam. Sementara komoditas yang mempengaruhi deflasi adalah cabai merah, ikan dan cabai rawit, "ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

Dengan demikian, inflasi berdasarkan tahun kalender (Januari - November 2019) mencapai 2,37 %. Sementara inflasi secara tahunan (yoy) mencapai 3,00 %, lebih rendah dibanding priode sama tahun lalu sebesar 3,23 %.

Baca Juga: SEA Games 2019, Patah Jari Kelingking Tak Surutkan Semangat Tiara Rebut Medali

Bila melihat dari pola selama 2 tahun sebelumnya, Suhariyanto mengatakan, inflasi pada Desember 2019 kemungkinan akan lebih tinggi dibanding November 2019. Sebab, Desember merupakan bulan liburan sekolah, natal, dan tahun baru. Hal itu membuat permintaan konsumsi akan lebih meningkat dari sebelumnya.

"Pola selama Desember tahun 2017-2018 itu inflasi selalu lebih tinggi. Setiap tahun dari Januari-Desember yang diwaspadai adalah bulan Ramadhan dan bulan Desember," ujar Suhariyanto.

Apalagi, dia mengatakan, akhir tahun juga merupakan momen liburan sekolah. "Desember di negara manapun selalu menjadi perhatian karena permintaan konsumen selalu meningkat. Ada liburan, natal, dan tahun baru. Bisa dipastikan Desember inflasinya lebih tinggi," kata Suhariyanto.

Baca Juga: Ini Dia Solusi Kebelet Kencing Saat Kemacetan

Oleh sebab itu, dia meminta pemerintah waspada karena beberapa komoditas yang dipengaruhi cuaca dan musim akan sangat berfluktuasi. Meskipun demikian untuk beras, harga diprediksi akan relatif stabil.


Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X