Rabu, 26 Februari 2020

UMKM Mampu Serap 97 Persen Tenaga Kerja, Ini Sejumlah Janji Kemudahan dari Pemerintah

- 1 Desember 2019, 14:21 WIB
/ISTIMEWA

BANDUNG, (PR).- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan, mengatakan, pemerintah akan meningkatkan derajat kemudahan berusaha bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Salah satunya adalah dengan mempermudah perizinan.

"Pemerintah akan memberikan beragam kemudahan untuk memberikan stimulus bagi tumbuh kembang UMKM," ujarnya, pada Wisuda dan Pameran UMKM Juara di Harris Hotel & Conventions Festival Citilink, Jalan Peta, Bandung, Jumat, 29 November 2019.

Seperti diketahui, perizinan menjadi salah satu persoalan yang kerap dikeluhkan UMKM selain pembiayaan. Umumnya mereka mengeluhkan sulit dan lamanya proses pengajuan perizinan.

Baca Juga: KPK Panggil Tiga Saksi Kasus Suap Perizinan Properti Kabupaten Cirebon

"Selain memangkas waktu perizinan, ke depan persyaratan perizinan juga akan dipermudah," katanya.

Ia memastikan, pada periode II pemerintahan Presiden Joko Widodo ini UMKM akan menjadi salah satu fokus perhatian. Hal itu tidak terlepas dari besarnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian.

Seperti diketahui, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) 2018 mencapai 60,34%. Kontribusi UMKM dipresikai teeua menanhak dan diprediksi akan meningkat hingga 5% tahun ini.

"UMKM juga menyerap 97% tenaga kerja," tuturnya.

UMKM Juara

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X