Minggu, 8 Desember 2019

Perusahaan Telekomunikasi Kian Bergantung pada Layanan Data

- 1 November 2019, 23:23 WIB
Ilustrasi.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Layanan data menjadi pendorong utama pendapatan dan laba perusahaan telekomunikasi pada triwulan III/2019 ini. Pendapatan data sudah mampu mengimbangi penurunan pendapatan dari layanan konvensional, voice dan SMS.

Pada truwulan III/2019 PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk. membukukan laba bersih sebesar Rp 16,5 triliun, naik 15,6% dibanding periode sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). Sementara pendapatan tercatat mencapai Rp102,6 triliun atau tumbuh 3,5%.

Sementara itu, PT XL Axiata, Tbk. mencatatkan laba bersih yang telah dinormalisasi sebesar Rp 505 miliar pada periode Januari-September 2019. Pada periode tersebut XL membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 11% yoy.

Direktur Keuangan Telkom, Harry M. Zen, mengatakan, bisnis digital, data, dan  teknologi informasi (TI) yang terus tumbuh menjadi pendorong utama pendapatan dan laba Telkom. Pada periode tersebut Telkom juga berhasil menekan biaya operasional perusahaan.

"Ini menggambarkan bahwa kinerja perseroan semakin sehat dan profitable," kata Harry, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.

Harry mengatakan, pendapatan data, internet, dan layanan TI menjadi penyumbang terbesar pendapatan perseroan, dengan nilai kontribusi sebesar 59,1%. Menurut dia, pendapatan data, internet, dan layanan TI Telkom tumbuh sebesar 17,8% dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi Rp 60,6 triliun. 

"Lonjakan kontribusi tersebut terutama didorong kinerja bisnis mobile digital broadband dan layanan IndiHome yang terus meningkat," katanya.

Di tengah industri telekomunikasi yang kompetitif, menurut Harry, Telkomsel selaku entitas anak usaha Telkom membukukan pendapatan sebesar Rp 68,3 triliun. EBITDA margin Telkomsel juga tercatat relatif stabil, sebesar 53,8%.

Jumlah pelanggan Telkomsel pada kuartal III/2019 mencapai 170,9 juta atau naik 167,8 juta pelanggan yoy. Sebanyak 65,6% di antaranya, atau 112,1 juta, merupakan pelanggan data. 


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X