Jumat, 28 Februari 2020

Larangan Minyak Goreng Curah Ancam UMK Makanan

- 8 Oktober 2019, 16:03 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Larangan penjualan minyak goreng curah pada 2020 akan berdampak besar bagi pelaku usaha mikro kecil (UMK) makanan yang membidik pasar menengah bawah. Mereka umumnya menggunakan minyak goreng curah dalam proses produksi untuk menekan harga jual.

Demikian diungkapkan Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Barat, Iwan Gunawan, di Bandung, Selasa, 8 Oktober 2019. Apalagi, pada saat bersamaan, pemerintah juga berencana memberlakukan sistem distribusi tertutup untuk elpiji 3 kilogram (kg).

"Lebih dari 50 persen pelaku usaha makanan skala mikro dan kecil yang membidik pasar menengah ke bawah menggunakan minyak goreng curah dalam proses produksinya," kata Iwan.

Oleh karena itu, menurut dia, larangan penjualan minyak goreng curah akan mengancam usaha makanan pengguna minyak goreng curah. Apalagi jika pada 2020 daya beli masyarakat tidak kunjung membaik.

Beberapa usaha yang menggunakan minyak goreng curah dalam proses produksinya, menurut Iwan, diantaranya adalah pabrik kerupuk siap makan dan penjual gorengan. Selain itu juga pedagang kali lima (PKL) makanan dan katering yang membidik pasar menengah ke bawah.

"Bagi pelaku usaha, kenaikan harga bahan baku tentu akan direspon dengan kenaikan harga jual. Persoalannya, ketika daya beli tidak kunjung membaik, kenaikan harga ini tentu akan direspon dengan penurunan permintaan," ujarnya.

Bisa tutup usaha

Menurut dia, bukan tidak mungkin akan ada di antara UMK makanan tersebut yang berakhir dengan tutup usaha, jika cashflow tidak kunjung membaik. Apalagi jika pada saat yang bersamaan, mereka juga sudah tidak diperbolehkan menggunakan elpiji bersubsidi.

"Persoalannya, bagi sejumlah pelaku usaha makanan mikro kecil, seperti penjual gorengan juga kerupuk, ongkos minyak goreng termasuk dominan," tuturnya.

Iwan berharap, pemerintah memberikan solusi bagi para pelaku UMK makanan tersebut. Pasalnya, menurut dia, selain rumah tangga, UMK makanan adalah pengguna minyak goreng curah terbesar.

Halaman:

Editor: Endah Asih

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X