Sabtu, 22 Februari 2020

Susi Pudjiastuti Lepas 15.000 Kilogram Gurita ke Jepang

- 8 Oktober 2019, 07:29 WIB
FOTO ilustrasi gurita.*/ANTARA

JAKARTA,  (PR).- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melepas 15.000 Kg Gurita untuk diekspor ke Jepang. Komoditas Gurita ini merupakan bahan baku dari perairan Natuna yang dikela Perum Perindo.

Plt Direktur Utama Perum Perindo,  Farida Mokodompit mengatakan ekspor ini merupakan tindak lanjut realisasi penandatanganan kesepakatan dengan perusahaan Jepang, Nomura Trading Co. Kesepakatan ini didapatkan dari partisipasi Perindo di pameran Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE) Agustus 2019 di Jepang.

Farida mengatakan,  produk Perikanan Indonesia jenis gurita diminati pasar Internasional seperti Jepang. "Bahan baku yang kami ekspor merupakan serapan 100% dari Nelayan Indonesia," ujar Farida melalui siaran pers, Senin 7 Oktober 2019.

Direktur Keuangan Perum Perindo, Arief Goentoro,  mengatakan ekspor Gurita memiliki potensi yang sangat baik.  Permintaan ekspor Gurita diperkirakan akan meningkat di musim puncak pada Oktober hingga Januari tahun depan. 

“Estimasi ekspor diperkirakan hingga 2 - 4 kontainer perbulannya, dengan komoditas sebanyak  15.000 kg untuk satu Kontainer. Kami prediksi nilai revenue yang dicapai hingga kisaran 1 Milyar/kontainer atau  72.000/kg tiap satuan gurita " kata Arief.

Kegiatan ekspor ini merupakan perdana sejak Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Natuna diresmikan. Meskipun demikian,  sebenarnya produk daru Unit Pengolahan Ikan Natuna sudah rutin melakukan ekspor ke Singaoyran sejak 2017."Selain gurita, produk dari Natuna untuk ekspor adalah ikan-ikan dasar seperti kakap, kerapu, angoli dan kurisi," tuturnya. 

Arief mengatakan,  Perum Perindo terus meningkatkan ekspor perikanan Indonesia ke Mancanegara. Selain dukungan terhadap para Nelayan Indonesia, kegiatan ekspor ini juga bagian dari upaya Perum Perindo sebagai penyumbang Devisa sektor perikanan. 

Sebelumnya, Perum Perindo telah mengekspor ikan ke beberapa negara diantaranya Amerika Serikat, China, Negara – Negara Eropa, Thailand, Vietnam. Komoditas eskpor tersebut berasal dari tangkapan Nelayan Indonesia yang merupakan mitra dari Perum Perindo.***
 


Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X