Jumat, 21 Februari 2020

BJ Habibie Pemberi Nama Bank Mandiri

- 13 September 2019, 10:32 WIB
GEDUNG Nedhandel NV (Bank Mandiri)/ARIF HIDAYAH/PR

BALI, (PR).- Siapa sangka ada sosok BJ Habibie di dalam penentuan nama Bank Mandiri. Presiden ke-3 RI itulah yang menyematkan nama Mandiri kepada bank hasil merger empat bank, yakni Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), Bank Bumi Daya (BBD), Bank Export Impor (Exim), dan Bank Dagang Negara (BDN).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas yang kala terjadinya merger bertugas di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) mengatakan, dalam suatu rapat saat itu BJ Habibie diminta memberi nama yang cocok bagi bank baru tersebut. Kemudian, BJ Habibie menyebut Mandiri.

Ia menjelaskan, ada nilai filosofis saat nama Mandiri diberi­kan. Di­harapkan bank ha­sil merger tersebut akan mampu mandiri sekaligus mendorong kemandirian masyara­kat dan perekonomi­an Indonesia. Ter­utama masya­rakat membutuh­kan kredit mikro dan UMKM.

"Dulu itu, kebanyakan bank yang kuat merupakan bank-bank asing. Beliau berharap Bank Mandiri dapat menjadi institusi keuangan yang man­diri, mampu berpijak pada kakinya sendiri," ujar­nya yang ditemui di sela-sela kegiatan Media Training Bank Mandiri 2019, di Bali, Kamis 12 September 2019.

Rohan mengungkapkan, ber­pulangnya BJ Habibie pada Rabu 11 September 2019 membawa duka ter­sendiri bagi seluruh institusi Bank Mandiri. Pasalnya, beliaulah yang menjadi pencetus hadirnya nama Mandiri.

"Beliaulah yang memberi nama dan beliaulah yang meng­awal bank ini untuk menapak 21 tahun yang lalu. Peninggalan beliau banyak sekali, banyak hak paten beliau di bidang aerodinamika, semoga dapat te­rus menjadi kenangan bagi kita bank-bank di Indonesia bahwa seorang Habibie ter­nyata bisa berkiprah di dunia," ujarnya.

Bisnis wisata

Bank Mandiri terus mendorong perkembangan sektor pariwisata untuk mendukung terciptanya pemerataan pembangunan ekonomi.

Bentuk dukungan yang diberikan ada­lah melalui penyaluran pem­biayaan bagi UMKM pariwisata dan penyediaan transaksi finansial bagi wisatawan.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X