Minggu, 19 Januari 2020

Program 1 Juta Rumah, Sudah Capai Realisasi 53,1 Persen

- 29 Juli 2019, 22:02 WIB
FOTO ilustrasi.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus merealisasikan penyaluran kredit perumahan sebagai wujud komitmen mendukung Program Satu Juta Rumah. Per 30 Juni 2019, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk 424.863 unit rumah atau senilai Rp 36,42 triliun terdiri atas kredit perumahan di segmen subsidi dan non-subsidi.

“Kami akan terus mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah tidak hanya melalui penyaluran kredit perumahan, tapi juga membangun ekosistem pembiayaan perumahan yang berkelanjutan,” jelas Direktur Utama Bank BTN Maryono di Jakarta, Senin 29 Juli 2019.

Di segmen subsidi, kata Maryono, perseroan telah menyalurkan kredit perumahan untuk 328.192 unit rumah senilai Rp 19,7 triliun. Kemudian, di segmen non-subsidi, kredit perumahan yang disalurkan mencapai 96.671 unit rumah atau setara Rp 16,72 triliun. Adapun, total realisasi jumlah unit rumah tersebut setara 53,1% dari target yang ditetapkan Bank BTN untuk 2019 yakni sebanyak 800.000 unit rumah.

Disebutkan, untuk mendukung kesuksesan program yang sesuai dengan Nawa Cita ke-5 tersebut, Bank BTN telah menggelar berbagai inovasi termasuk menggelar transformasi digital. Dukungan yang diberikan tidak hanya berupa penyaluran KPR tapi juga memperkuat sumber pembiayaan, mendorong keterjangkauan, mendorong sisi ketersediaan rumah, serta bersinergi dengan stakeholder perumahan, bermitra dengan berbagai pihak, hingga menggelar sekolah khusus bagi para pengembang.

Berdasarkan pencapaian kinerja,  BTN pada paruh pertama 2019 mencatatkan laba bersih sebesar  Rp 1,3 triliun. Maryono menyebut pencapaian ini sesuai target. Karena itu dia meyakini pada akhir tahun nanti, pihaknya dapat mencapai target laba bersih yang dibidik dan dapat memacu bisnis dengan menerbitkan junior global bond.

“Kinerja kami pada semester I ini on track. Nanti pada semester II, kami akan menerbitkan junior global bond sebagai amunisi untuk memacu bisnis di tahun depan,” ujarnya. Rencananya, perseroan bakal menerbitkan instrumen tersebut hingga sekitar 300 juta juta dolar AS

 Dengan penerbitan global bond  beserta berbagai tambahan wholesale funding lainnya, Capital Adequacy Ratio (CAR) diproyeksikan 19,1% pada Desember 2019. Dengan permodalan tersebut dapat memacu kredit pada tahun depan. Pada paruh pertama tahun ini, BTN mencatatkan penyaluran kredit di atas rata-rata industri perbankan yakni Rp 251,03 triliun dari sebelumnya Rp 211,35 triliun atau naik 18,78%.***

 

 

Halaman:

Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X