Jumat, 13 Desember 2019

Ribuan Pedagang Pasar Tradisional Akan Jualan Online

- 29 Juli 2019, 23:24 WIB
ILUSTRASI jualan online.*/ANTARA

CIREBON, (PR).- Ribuan pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Cirebon bakal dilatih untuk berjualan online. Sementara ini sasaran pelatihan kepada pedagang baru menjangkau enam dari 10 pasar tradisional yang ada di Kota Cirebon. 

Pada tahap awal, target pedagang yang akan dilatih sebanyak 2.000 dari total jumlah pedagang di pasar tradisional yang sekitar 9.000 orang.

Untuk merealisasikan target tersebut, puluhan trainer mengikuti pelatihan "Training of Trainer Grebeg Pasar UMKM Go Online Kota Cirebon" di ruang Adipura Balaikota Cirebon mulai Senin 29 Juli 2019. 

Nantinya, para trainer akan door to door mendatangi pedagang, untuk diberikan pelatihan langsung cara berjualan online.

Menurut TM Maulana, Kabid Statistik Sektoral dan Persandian, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, pelatihan kali ini ada 25 orang yang dilatih dan bertugas sebagai canvasser.

“Hari pertama ini, mereka akan mendapatkan pelatihan secara teori dari market place,” ungkap Maulana.

Pada hari berikutnya, hingga 12 Agustus mendatang, canvasser akan mendatangi enam pasar tradisional yang sudah ditetapkan menjadi target yakni Pasar Kanoman, Pasar Pagi, Pasar Jagasatru, Pasar Perumnas, Pasar Drajat, dan Pasar Harjamukti.

"Para canvasser bertugas mengajari pedagang berjualan secara online. Bahkan pembuatan email pun akan dibuatkan," katanya.

Melalui grebeg pasar ini, katanya, ditargetkan 2.000 UMKM di Kota Cirebon bisa terjaring dan melakukan penjualan secara online. “Target awal kami pedagang yang berjualan bahan kering, seperti kerupuk udang, terasi dan lainnya,” ungkap Maulana.


Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X