Perekonomian Global Melambat, Diyakini karena Rencana Donald Trump Tahun 2020

- 21 Juli 2019, 14:22 WIB
ILUSTRASI ekspor impor.*/REUTERS

MEDAN, (PR).- Bank Indonesia memprediksi ekonomi global akan melambat pada semester II tahun 2019. Kebijakan BI menurunkan suku bunga acuannya 25 basis poin pekan lalu diharapkan menjadi pemicu gairah pasar modal dan ekspor Indonesia.

Deputi Gubernur BI Doddy Budi Waluyo mengatakan, sebelumnya banyak pihak mempertanyakan kebijakan BI yang belum menurunkan suku bunganya di tengah inflasi rendah. Menurut dia, hal itu terjadi karena BI perlu meyakini bahwa ketidakpastian global cukup terkendali.

Dia mengatakan, perang dagang sudah mengakibatkan Amerika Serikat memenambahkan tarif impor Tiongkok sebesar 25 persen dari total nilai 200 miliar dolar. Sebaliknya, Tiongkok juga sudah menerapkan tambahan tarif impor sebesar 25 persen dari total nilai impor Amerika Serikat 60 miliar dolar.

Dodi mengatakan, kebijakan perang dagang menyebabkan perlambatan ekonomi yang tidak hanya terjadi di dua negara tersebut tetapi juga negara maju dan berkembang lainnya.

"Indonesia bukan satu-satunya negara yang mengalami perlambatan ekspor. Dampaknya, pertumbuhan konsumsi akan bertahan karena pendapatan ekspor, terutama komoditas sumber daya alam akan berkurang," ujarnya di Medan.

loading...

Di sisi lain, investasi juga mengalami perlambatan sebagai dampak ketidakpastian perang dagang. Berbagai negara, termasuk Indonesia berusaha menahan perlambatan dengan menaikan belanja pemerintah.

"Belanja pemerintah diharapkan dapat mengakselerasi perekonomian sehingga investasi kembali meningkat," ujarnya.

Dia mengatakan, banyak pelaku pasar yang percaya bahwa langkah perang dagang merupakan cara Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumpulkan bahan kampanyenya tahun 2020. Dengan demikian,  perang dagang akan tetap berlangsung hingga pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2020.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X