Layanan Bank Mandiri Sempat Error, Jagat Linimasa Ramai

- 20 Juli 2019, 20:26 WIB
*/ANTARA FOTO

JAKARTA, (PR).- Sejumlah nasabah Bank mandiri mengeluhkan perubahan angka saldo di rekeningnya pada Sabtu, 20 Juli 2019. Kondisi tersebut menyebabkan jaringan Bank Mandiri sempat mengalami gangguan. 

Salah satu nasabah Bank Mandiri Ghoida Rachmah (25) mengatakan dirinya mengetahui perubahan saldo rekening beberapa nasabah Bank Mandiri di media sosial. "Saya lalu mengecek saldo melalui mbanking dan ternyata berkurang Rp 300 ribu sekitar pukul 9.30 WIB, "ujarnya. 

Meskipun demikian, dia mengatakan, saldo banknya kembali normal saat kembali mengecek rekeningnya sekitar pukul 10.30 WIB. "Tadi memang sempat agak susah mengakses m-banking-nya, tapi masih bisa dibuka "ujarnya.

Perubahan saldo rekening ini juga menjadi perbincangan di dunia maya. Tagar mandirierror menjadi trending topic di Twitter. Beberapa warganet bahkan mengatakan jika saldonya bertambah. 

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, mengatakan Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah. Proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem IT tersebut, berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah. 

Dia mengatakan, Bank Mandiri saat ini sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem IT tersebut. “Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” kata Rohan melalui siaran persnya di hari yang sama.

Dia mengatakan, pemeliharaan sistem tersebut berpengaruh pada 10 persen data saldo nasabah Bank Mandiri. "Sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah. Kami pastikan rekening nasabah, aman," ujar Rohan.

Menurut dia, Bank Mandiri mempersilahkan nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Perlu tindakan tegas

Koordinator Komisi Kerjasama dan Kelembagaan Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Nurul Yakin Setyabudi, Bank Indonesia sebagai Regulator Sistem Pembayaran perlu bersikap tegas terhadap Bank Mandiri yang lalai dan telah menimbullan kerugian pada konsumen. Bank Indonesia sebagai Regulator juga harus mendorong pemulihan hak konsumen yang dirugikan atas insiden ini. 

Halaman:

Editor: Eva Fahas


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X