Minggu, 8 Desember 2019

Rental Mobil Sepi, Pemudik Gunakan Mobil Pribadi untuk Menjajal Jalur Tol Baru saat Arus Mudik Lebaran 2019

- 30 Mei 2019, 22:23 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA

BANDUNG, (PR).- Melonjaknya harga tiket pesawat ternyata tidak menyebabkan bisnis persewaan kendaraan di Bandung meningkat. Justru, jika dibandingkan tahun sebelumnya, bisnis tersebut mengalami penurunan.

Joseph Sugeng Irianto, salah seorang pengusaha tur dan travel mengungkapkan, saat musim mudik biasanya permintaan penyewaan mobil akan meningkat tajam. Bahkan, dua pekan sebelum lebaran biasanya seluruh unit kendaraan telah dipesan dan telah dibayar.

Namun, kondisi berbeda justru terjadi pada tahun ini. Ia mengungkapkan, dari delapan unit kendaraan yang ia miliki, hingga H-6 baru dua unit yang telah dilakukan pembayaran oleh konsumen.

“Jika berbicara tahun 2018 ke belakang, kita cukup marema. H-14 itu semua kendaraan sudah full booked dan full payment. Kalau sekarang, baru dua unit yang sudah paid sedangkan selebihnya masih standby,” katanya di Bandung, Kamis, 30 Mei 2019.

Penurunan tersebut, menurut Joseph, dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya, peningkatan layanan yang diberikan untuk moda transportasi kereta api telah membuat banyak pemudik yang melirik untuk menggunakan transportasi tersebut.

Selain itu, faktor lainnya karena kemudahan yang diberikan perusahaan leasing untuk memiliki kendaraan baru. Sehingga, cukup banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Selain itu tol Trans Jawa juga telah beroperasi yang mendorong pemudik untuk menguji coba kemudahan yang dihadirkan infrastruktur tersebut dengan mengendarai kendaraan sendiri,” ujarnya.

Dari sisi wisatawan, Joseph menilai, kehadiran transportasi online juga turut memengaruhi menurunnya permintaan sewa mobil di dalam kota. Saat ini, banyak wisatawan menggunakan jasa itu untuk mobilitas di dalam kota.


Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk

Tags

Komentar

Terkini

X