Jumat, 28 Februari 2020

Edutainment Syariah Bukti Industri Halal Punya Potensi Besar di Indonesia

- 26 April 2019, 18:58 WIB
ACARA Indonesia Islamic Economy Festival 2019 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jumat 26 April 2019.*/DOK.KNKS

DIREKTUR Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Afdhal Aliasar, paham betul bahwa potensi industri halal di Indonesia tergolong besar. Tak cuma dari sektor pariwisata maupun fesyen, tetapi juga sektor edukasi entertainment.

Guna memperlihatkan potensi industri halal di Indonesia, KNKS mendatangkan beberapa pelaku industri kreatif syariah untuk mentransferkan pengalaman dalam Indonesia Islamic Economy Festival 2019 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jumat 26 April 2019. 

“Kami melihat piloting dari beberapa industri halal, kami ingin ini dimulai dulu. Ada yang memberi contoh dan itu kemudian terasa di masyarakat. Di edutainment kelihatan ada yang menonjol. Jadi, event ini menginspirasi kepada yang lain,” kata Afdhal Aliasar. 

Salah satu pegiat industri kreatif syariah yang didatangkan KNKS adalah Nussa Official. Nussa Official merupakan akun YouTube yang tayangan animasi dengan konten berisi nilai-nilai keislaman maupun nilai-nilai baik yang hidup di masyarakat. 

Menurut Afdhal Aliasar, kehadiran Nussa Official bisa menginspirasi atau bahkan rujukan bagi masyarakat luas agar berani masuk ke ranah industri kreatif syariah. Dari Nussa Official juga, Afdhal Aliasar melihat betapa besarnya potensi edutainment syariah di Indonesia. 

“Tadi pagi ada Nussa. Nussa kan dua tahun yang lalu, siapa yang tahu Nussa. Atau, terkenalnya baru-baru saja. Baru setahun ini. Bagaimana mereka mulai berproses. Itu menjadi inspirasi bagi yang lain,” ucapnya.

“Kami melihat potensinya sangat besar. Bakat kreativitas sangat besar. KNKS itu ingin bibit-bibit yang bermunculan itu kita jaga mereka, sehingga mereka bisnisnya bisa benar-benar tumbuh secara digital,” lanjutnya. 

Pendiri Nussa Official, Yuda Wirafianto, mengatakan bahwa perusahaannya ingin melakukan terobosan termuktahir. Ia mengingikan Nussa Official bisa menjadi animasi atau bahkan idola baru bagi anak-anak. 

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X