Senin, 9 Desember 2019

Investasi Meningkat, Pengangguran di Cilegon Masih Tinggi

- 26 April 2019, 06:32 WIB
null

CILEGON, (PR).- Sekretaris Fraksi Kebangkitan Demokrasi (FKD) Kota Cilegon Rahmatulloh, menilai tingkat pengangguran Kota Cilegon masih terbilang tinggi. Ini perlu menjadi perhatian ketika Pemkot Cilegon akan melaksanakan HUT ke-20 Kota Cilegon, akhir pekan ini.

Rahmatulloh mengatakan, peningkatan nilai investasi di Kota Cilegon tidak sebanding dengan penurunan angka pengangguran. Ia menilai perkembangan industri yang ada belum berpihak kepada peningkatan angka penyerapan tenaga kerja. “Nyatanya angka pengangguran di Kota Cilegon masih tinggi,” katanya, Kamis 25 April 2019.

Dia mempertanyakan upaya Pemkot Cilegon guna mengatasi hal tersebut. Ia pun menyarankan Pemkot Cilegon segera membuat program kerja yang khusus kepada pengentasan pengangguran di Cilegon. “Memang IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Cilegon cukup tinggi dibandingkan IPM nasional dan Banten. Tapi itu kan tidak ada korelasinya dengan angka pengangguran dan kemiskinan,” ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Sigit Angki Nugraha.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Cilegon memang menujukkan tingkat pengangguran yang signifikan. Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Cilegon dari 2010-2018 masih di kisaran 9,33 persen. “Ini menempatkan Kota Industri ini di urutan ketiga tertinggi tingkat penganggurannya di Provinsi Banten,” tuturnya.

Terkait hal ini, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan jika pihaknya terus berupaya menekan angka pengangguran di Kota Cilegon. Salah satu upayanya yakni dengan program Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan (DPWKel).

“Program DPWKel ini melibatkan banyak SDM masyarakat lokal. Ini adalah salah satu aspek yang bertujuan untuk menekan angka pengangguran. Perlu digaris bawahi, TPT Kota Cilegon itu menunjukan tren penurunan tertinggi di Banten. Jauh lebih tinggi dibandingkan kabupaten kota lain,” ungkapnya.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X