Kamis, 20 Februari 2020

Antara E-commerce, Logistik, dan Local Hero

- 15 November 2018, 08:22 WIB
SEJUMLAH anak muda memasarkan barang jualannya melalui internet di Komplek Panyileukan, Kota Bandung, Selasa 6 November 2018. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui industri e-commerce diharapkan dapat mendongkrak perekonomian Indonesia yang diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada tahun 2020 nanti.*

E-commerce dan jasa logistik adalah dua sektor yang saling membutuhkan satu sama lain. E-commerce tidak akan berkembang tanpa ditunjang penyedia jasa logistik dan di sisi lain jasa logistik tidak akan tumbuh pesat tanpa kehadiran e-commerce.

Lebih jauh, pesatnya perkembangan kedua sektor ini juga berdampak pada munculnya sejumlah local hero di berbagai daerah. Mereka hadir memberikan warna dan dampak positif bagi lingkungan sekitar, termasuk pelaku usaha kecil menengah (UKM) eksisting yang sebelumnya sulit untuk berkembang.

Adalah Blazbluz, salah satu startup yang sukses menghantarkan sekitar 20 mitra UKM kaos di Bandung untuk mencapai stabilitas pasar. Mereka juga berhasil memberikan tambahan penghasilan bagi 15.000 afiliate (reseller) di seluruh Indonesia.

Blazbluz hadir dengan memanfaatkan besarnya potensi pasar online. Mereka menggandeng UKM kaos yang sebelumnya kesulitan memperluas pasar karena keterbatasan wawasan dan pengetahuan pemasaran online.

Dengan mengkolaborasikan kelebihan para pihak, Blazbluz sukses menggaet hati pasar Indonesia. Terbukti dari terus bertambahnya jumlah afiliate, walaupun yang aktif rata-rata hanya mencapai 10%.

Diakui Founder Blazbluz, Moch. Andri Andriyana (Ajay), perjalanan usahanya memang tak selalu berjalan mulus. Pada awal kemunculannya tidak mudah bagi Blazbluz untuk menggandeng mitra UKM dan afiliate.

"Alhamdulillah sekarang banyak UKM dan afiliate yang menawarkan diri untuk bergabung. Penjualan kaos Blazbluz juga sudah mencapai 10.000-12.000 buah per bulan," katanya, di kantor Blazbluz, Jln. Babakan Sari, Bandung, Kamis 15 November 2018.

Ajay mengatakan, keberhasilan Blazbluz yang sudah ia rintis sejak tiga tahun lalu itu tak lepas dari dukungan berbagai pihak. Selain dari mitra UKM dan afiliate, menurut dia, peran jasa logistik juga sangat vital.

Bagi pelaku usaha yang membidik pasar online, selain internet, keandalan jasa logistik juga memegang peran vital. Apalagi, berdasarkan hasil survei Lembaga Riset Telematika Sharing Vision pada 2017, lamanya waktu pengiriman menjadi security issue yang paling banyak dikeluhkan konsumen e-commerce

Halaman:

Editor: Ai Rika Rachmawati

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X