Jumat, 10 April 2020

PT Pindad Kembangkan Mesin dan Kendaraan Berbahan Bakar B50

- 16 September 2018, 11:18 WIB

BANDUNG, (PR).- PT Pindad (Persero) tengah membuat prototipe mesin pertanian dan kendaraan taktis Komodo yang menggunakan biodiesel dengan bahan bakar campuran CPO sebesar 50 persen atau B50.

PT Pindad juga menggandeng Institut Teknologi Bandung atau ITB untuk menciptakan green biodiesel ā€ˇsehingga dapat meminimalkan penyaringan pada bahan bakar tersebut.

"B20 kami sudah jalan, sudah clear. Malah kami menuju B50 dan selanjutnya B100," ujar Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose saat peluncuran Filling Machine Anjungan Minyak Goreng Hygienist Otomatis (AMH-0), Sabtu 15 September 2018.

Dia mengatakan, PT Pindad sedang melakukan komunikasi dengan penyedia mesin karena akan ada perubahan nozle dan penyaringan.

"Selalu yang jadi masalah di situ tapi sekarang di ITB sedang dilakukan penelitian untuk menciptakan green biodiesel sehingga betul-betul murni menjadi green avtur,"ujar dia.

Menurut Abraham, konversi ke biodiesel merupakan inovasi karena penggunaan bahan bakar nabati ini sering diragukan. Biodiesel sering diangap tidak cocok dengan mesin terutama peralatan berat.

"Proyek tersebut merupakan inisiasi bersama dengan Kementrian Perdagangam yang berupaya menekan impor alat berat dan produk hankam sekaligus meningkatkan produk yang bisa dieskpor,"ujar dia.

Sementara itu, tim peneliti dari ITB mengembangkan riset untuk memproduksi bioavtur. Bahan bakar untuk pesawat terbang ini itu menggunakan campuran minyak kelapa sawit.

Ketua Tim Peneliti yang juga Guru Besar Teknik Kimia ITB Subagjo mengatakan, ITB berupaya menemukan formula terbaik bioavtur.

Halaman:

Editor: Tia Dwitiani Komalasari

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X