Senin, 9 Desember 2019

Akhir Tahun Ini Seluruh Jabar Akan Tercover 4G LTE Telkomsel

- 7 September 2017, 14:46 WIB

BANDUNG, (PR).- Telkomsel menargetkan seluruh kecamatan di wilayah Jawa Barat (Jabar) akan tecover jaringan 4G/LTE pada akhir tahun ini. Pada empat bulan terakhir tahun ini Telkomsel akan menambah 900 unit base transceiver station (BTS) di wilayah Jabar.

Demikian diungkapkan Manager Service Quality Assurance Telkomsel Jabar, Bayu Anggoro, di sela Penarikan Undian Telkomsel Jabar Hade, di Bandung Electronic City (BEC), Jln. Purnawarman, Bandung, Kamis, 7 September 2017. Saat ini layanan 4G/LTE Telkomsel baru menjangkau 75% kota kecamatan di Jabar.

"Dari 900 ini 80% diantaranya adalah pembangunan unit baru dan sisanya upgrade," kata Bayu.

Fokus penambahan jaringan 4G/LTE tersebut, menurut dia, adalah kota kecamatan yang belum terjangkau layanan 4G dan daerah dengan pertumbuhan 4G tertinggi. Daerah yang belum terjangkau 4G/LTE Telkomsel mayoritas berada di pelosok Jabar Selatan dan Utara.

"Dalam pembangunan jaringan 4G/LTE ini kami melihat demand. Di mana yang demand nya tinggi, itu menjadi prioritas. Namun yang pasti, target kami seluruh wilayah Jabar akan segera tercover 4G," katanya.

Awal September ini jumlah BTS 4G/LTE Telkomsel di Jabar berjumlah 2.223 unit dan sebagian besar berada di wilayah Bandung serta Soreang. Di Bandung yang mencakup Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Subang ada 836 unit. Sementara di Soreang yang membawahi Kab. Bandung, Cianjur, Sumedang, dan Kota Cimahi ada 625 BTS.

Dengan besarnya target penambahan BTS 4G tersebut, menurut dia, kendala terbesar adalah kecepatan vendor dalam melakukan delivery. Persoalan lainnya adalah terkait perizinan yang dibeberapa titik sempat terkendala.

Menurut Bayu, saat ini 62% pelanggan data Telkomsel sudah menggunakan jaringan 4G. Secara umum, pertumbuhan layanan data di Janar tumbuh 168,85% yoy. Soreang menjadi wilayah dengan pertumbuhan layanan data tertinggi, mencapai 192,7%.

Sementara untuk Area Jakarta Bogor Tengerang Bekasi (Jabotabek) Jawa Barat (Jabar) pertumbuhan pelanggan data Telkomsel mencapai lebih dari 35% year on year (yoy). Saat ini jumlah pelanggan Telkomsel di area tersebut mencapai 40 juta nomor. Total pelanggan Telkomsel secara nasional mencapai 173,7 juta nomor.***



Editor: Ai Rika Rachmawati

Tags

Komentar

Terkini

X