China Umumkan Larangan Penuh Aktivitas Mata Uang Kripto, Berikut Alasannya

- 24 September 2021, 19:15 WIB
Ilustrasi - Bendera China.
Ilustrasi - Bendera China. /Pixabay/glaborde7


PIKIRAN RAKYAT
- Bank sentral China, People's Bank of China (PBoC) mengumumkan bahwa semua aktivitas keuangan terkait mata uang kripto (cryptocurrency) adalah ilegal, termasuk transaksi, menyediakan layanan penetapan harga, dan meluncurkan token baru.

Menurut pemberitahuan yang diterbitkan di situs web bank sentral China, disebutkan bahwa ilegal bagi rakyat China untuk membeli cryptocurrency dari luar negeri, dikutip dari Sky News, Jumat, 24 September 2021.

Selain itu, rakyat China juga ilegal terlibat dalam pemasaran atau dukungan teknis yang berkaitan dengan bisnis kripto.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 25 September 2021: Aries, Taurus, Gemini, Bukan Waktu yang Tepat untuk Tanam Modal

Keaslian pengumuman bank sentral tersebut telah dikonfirmasi oleh biro Sky News di Beijing.

Pengumuman bank sentral China menyebutkan cryptocurrency telah “mengganggu ketertiban ekonomi dan keuangan, membiakkan kegiatan ilegal dan kriminal seperti perjudian, penggalangan dana ilegal, penipuan, skema piramida, dan pencucian uang, [dan] secara serius membahayakan keselamatan milik orang".

Pengumuman itu menambahkan bahwa bank sentral China telah membentuk mekanisme koordinasi untuk menangani risiko yang ditimbulkan oleh cryptocurrency bersama dengan badan keamanan dan pengatur utama China.

Sky News mengunjungi sebuah penambangan Bitcoin rahasia di China awal tahun ini untuk menjelaskan pusat penambangan Bitcoin dunia, terhitung 65% dari total global, menurut para peneliti dari University of Cambridge.

Baca Juga: Epidemiolog Minta Waspada Lonjakan Ketiga Akhir Tahun: Karena Tidak Ada Vaksin yang Efektivitasnya 100 Persen

Pada saat kunjungan media Inggris itu, penambangan Bitcoin tidak ilegal.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: Sky News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X