Indonesia Buka Pabrik Baja yang Hanya Ada Dua di Dunia, Mimpi Melawan Impor

- 22 September 2021, 08:24 WIB
Presiden Jokowi menandatangani baja produk terbaru saat meresmikan pabrik Hot Strip Mill 2 PT Krakatau Steel Tbk di Cilegon, Banten, Selasa 21 September 2021.
Presiden Jokowi menandatangani baja produk terbaru saat meresmikan pabrik Hot Strip Mill 2 PT Krakatau Steel Tbk di Cilegon, Banten, Selasa 21 September 2021. /Antara/Agus Suparto

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik hot strip mill II berteknologi tinggi milik PT Krakatau Steel (Tbk) di Cilegon, Banten, Selasa 21 September 2021. Menurut Jokowi, hanya ada dua pabrik sejenis di dunia.

”Yang pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia, yaitu di Krakatau Steel. Saya tadi sudah melihat ke dalam untuk mengetahui proses produksinya. Betul-betul berteknologi tinggi," kata Jokowi.

Dia menyebut, pabrik tersebut punya kapasitas produksi hot rolled coil (HRC) sebesar 1,5 juta ton per tahun.

"Ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium. Produksinya akan terus kita tingkatkan sampai mencapai 4 juta ton per tahun," tutur Jokowi.

Baca Juga: Usai Diperiksa KPK, Anies Baswedan Sebut Dicecar 8 Pertanyaan Soal Pengadaan Rumah DP 0 Persen

Baca Juga: Kena 'Semprot' Indro Warkop, Alfin 'Indro WarKopi': Aku Dilatih di Ragunan Kak, Mentalku Kuat Sekali

Dengan beroperasinya pabrik hot strip mill II tersebut, Jokowi berharap kebutuhan baja dalam negeri dapat terpenuhi tanpa harus impor.

”Apalagi, baja menjadi komoditas impor kedua terbesar kita. Pabrik ini juga diharapkan dapat menghemat devisa hingga Rp 29 triliun per tahun,” ujarnya.

Saat ini, peningkatan produksi baja sangat dibutuhkan Indonesia. Hal itu seiring meningkatnya konsumsi baja hingga 40 persen dalam 5 tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X