Jumat, 6 Desember 2019

Kuliner Lombok, dari Ayam Taliwang hingga Plecing Kangkung

- 8 Juli 2016, 00:51 WIB

LOMBOK – Dua makanan khas Lombok, Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung adalah favourit Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Setiap kunjungan kerja ke Lombok dan Bali, dua menu itu selalu menjadi santapan mantan Dirut PT Telkom Indonesia ini, baik di saat makan siang ataupun makan malam. 

“Saya ngefans dengan Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung,” aku Menpar Arief Yahya, yang didampingi kurator kuliner Vita Datau, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI).

Karena itu, kalau Anda berencana untuk liburan ke dua daerah itu, silakan coba dan cari sensasinya sendiri. Masakan itu sangat Indonesia, cara makannya tidak menggunakan sendok-garpu, melainkan menggunakan tangan. Sambalnya juga dibuat cukup “membakar mulut.” Ayamnya bukan jenis ayam potong biasa, tetapi ayam kampung yang tidak terlalu berumur, sehingga ketika disajikan dengan bumbu Taliwang itu terasa renyah dan tidak kenyal.

“Indonesia memang kaya akan objek wisata kuliner. Setiap suku dan daerah, selalu memiliki kuliner khas. Silakan coba! Tidak akan mengecewakan deh,” terang Menpar Arief Yahya, sambil mempromosikan hastag #PesonaLebaranLombok #PesonaKulinerLombok #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia. Berikut ini 10 kuliner pilihan khas pulau itu yang mesti Anda uji.


1. Plecing Kangkung

Siapa yang belum tahu plecing kangkung? Olahan tanaman air ini begitu populer di setiap rumah makan di Lombok. Rasanya belum ke Lombok jika belum makan kulier Lombok yang satu ini. Memang tampilannya sederhana, namun rasarnya luar biasa. Paduan cabai rawit, garam, tomat dan terasinya begitu menggetarkan lidah. Setiap orang yang menyantapnya pasti menikmati sensai pedasnya. Plecing kangkung ini jelas sangat sehat dan membantu kesuburan karena ditambahkan tauge dan taburan kacang goreng untuk mempergurih rasanya.


2. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang sudah menjadi kuliner Lombok yang paling populer. Cobalah ayam Taliwang bakar. Selain bisa dibakar, ayam Taliwang juga bisa disajikan dengan cara digoreng. Ayam kampung yang dipilih merupakan ayam yang masih muda sehingga dagingnya sangat empuk dan mudah sekali dilepaskan dari tulang-tulangnya. Sensasi makanan pedas memang surganya kuliner di Lombok. Jika sempat, tidak ada salahnya membawakan ayam Taliwang asli dari Lombok untuk dibawa ke Jakarta di hari yang sama. Rasa nikmatnya tetap bertahan hingga Jakarta.


3. Sate Bulayak


Halaman:

Editor: Anwar Effendi

Tags

Komentar

Terkini

X