Lewat Literasi Digital, UMKM Digenjot Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

- 25 Mei 2021, 20:23 WIB
Dokumentasi - Peluncuran program Literasi Digital Nasional disiarkan secara online, Kamis, 20 Mei 2021.
Dokumentasi - Peluncuran program Literasi Digital Nasional disiarkan secara online, Kamis, 20 Mei 2021. /Tangkap layar Youtube Kemkominfo TV

PIKIRAN RAKYAT - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, menekankan pentingnya literasi digital kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Menurut dia, literasi digital perlu ditumbuhkan agar UMKM tidak hanya memasarkan produk, tapi juga menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Semuel menuturkan, pada 2021 pemerintah telah kembali meluncurkan program UMKM Go Digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), guna meningkatkan literasi digital para pelaku UMKM.

Ia menjelaskan, Kemenkominfo turut menyiapkan tiga program pelatihan, antara lain pelatihan kewirausahaan digital (Digital Entrepreneurship Academy), yang bertujuan untuk membantu pelaku UMKM mempersiapkan diri dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

 Baca Juga: Giant Tutup 31 Juli 2021, Karyawan Menangis dan Berpelukan

Kemudian, Scaling-Up UMKM, yaitu pelatihan digital khusus menyasar petani dan nelayan untuk membantu dalam mengembangkan usaha. Serta, pelatihan pemasaran digital dan kemampuan bahasa Inggris untuk UMKM dan pelaku desa wisata.

“Kalau Go Online onboarding, bukan hanya koperasi UMKM, tapi mengajak semua platform, untuk bagaimana perkenalkan teknologi digital pada UMKM. Sebelum pandemi, kita beli ke pasar, nah pedagang pasar selagi menunggu calon pembeli, mereka juga bisa menjualnya secara online. Ini kita perkenalkan supaya mereka bisa bergerak secara bisnis,” kata dia dalam Webinar Katadata Literasi Digital untuk Produk Lokal, Selasa, 25 Mei 2021.

Semuel menuturkan, hingga Maret 2021, sudah lebih dari 15 juta pelaku UMKM telah melakukan onboarding dan juga tergabung melalui GBBI. Kemenkominfo pun selanjutnya menindaklanjuti onboarding tersebut, melalui beberapa kegiatan kunci, yakni kajian UMKM naik kelas, survei kebutuhan UMKM terhadap teknologi, dan penyediaan portal agregator layanan UMKM bernama LakUMKM.

 Baca Juga: Puji Villareal Jelang Final Liga Europa, Pemain Man Utd: Ini Seperti Arsenal

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network