Sebut Ada Potensi Grant Trap, DPR: Hati-hati dengan Dana Bantuan Konservasi Perubahan Iklim

- 8 April 2021, 09:44 WIB
Ilustrasi perubahan iklim./ /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Isu perubahan iklim hingga kini masih menjadi perhatian masyarakat dunia.

Guna menekan kerusakan iklim, sejumlah negara mengeluarkan anggaran khusus untuk menekan pemanasan global.

Terbaru, anggota Komisi IV DPR Slamet mengingatkan kepada berbagai pihak terkait untuk berhati-hati akan adanya potensi grant trap atau perangkap bantuan terkait dengan Dana Bantuan Konservasi dan Perubahan Iklim dari luar negeri.

"Fraksi PKS telah menghitung pada tahun anggaran 2021 terdapat anggaran sekitar Rp297,29 miliar pada Dana Bantuan Konservasi dan Perubahan Iklim. Anggaran ini sangat besar, karena itu perlu diwaspadai akan adanya jebakan dana hibah ini," kata Slamet seperti dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari ANTARA.

Baca Juga: Dunia Alami Ketimpangan, Indonesia Minta Negara D-8 Pastikan Disribusi Vaksin Covid-19 Secara Adil

Baca Juga: Akan Tindak Tegas Intoleransi, Jokowi Minta Organisasi Keagamaan Tingkatkan Moderasi Beragama

Dirinya mengingatkan bahwa dalam catatan pihaknya, Indonesia mendapat komitmen atau janji dari negara-negara maju akan mendapatkan dana kerja sama luar negeri hingga mencapai 1,1 miliar dolar AS.

Dirinya meminta semua pihak agar memperjelas tawaran anggaran yang hampir mencapai Rp300 miliar tersebut merupakan hibah (grant) atau pinjaman (debt).

Hal tersebut menurutnya lantaran berdasarkan pengamalan-pengalaman sebelumnya, total hibah yang diberikan sangatlah kecil yaitu hanya 7-11 persen dari total janji.

"Fraksi PKS kami mempertegas agar pemerintah untuk menerima kerjasama luar negeri dalam bentuk hibah bukan pinjaman pada Dana Bantuan Konservasi dan Perubahan Iklim," ucapnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X