Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Sejumlah Desa di Garut Kembangkan Potensi Kopi Jadi Komoditi Unggulan

- 25 Januari 2021, 06:35 WIB
Ilustrasi biji kopi /Pexels/Igor Haritanovich

PIKIRAN RAKYAT- Sejumlah desa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengembangkan produk kopi sebagai komoditas unggulan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desanya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Garut Ardhy Firdian di Garut, Minggu, 24 Januari 2021, mengatakan beberapa desa yang wilayahnya memiliki kebun kopi, sudah mengembangkannya menjadi produk usaha unggulan.

"Mereka memiliki potensi yang cukup besar di samping melihat juga bahwa komoditas kopi ini memiliki prospek ekonomi yang sangat bagus," kata Ardhy.

Baca Juga: POPULER HARI INI: Gembong Narkoba Asal China Ditangkap hingga Kabar Nathalie Holscher Keguguran

Ardhy menyampaikan saat ini sejumlah desa yang sudah mulai mengembangkan potensi kopi di daerahnya itu diantaranya di Kecamatan Cisurupan, Pasirwangi, Cikajang, Tarogong Kaler, dan Malangbong.

Tentunya mengingat potensi kopi sebagai komoditi unggulan, pemerintah daerah selama ini terus mendorong pengembangan produksi kopi dari Garut.

Ia juga menyampaikan bahwa selama ini upaya pemerintah telah melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas kopi, mulai dari panen sampai pembentukan kelompok taninya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Perut Buncit dengan 5 Makanan Penghancur Lemak Perut

"Sebagai pembina komoditas kita tetap fokus pada upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas biji kopi yang dihasilkan melalui pembinaan di aspek budi daya pascapanen serta kelembagaan kelompok taninya," kata Ardhy.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X