Mulai Minggu Depan, Pesawat Boeing 737 Max Boleh Terbang Lagi di Eropa

- 19 Januari 2021, 19:13 WIB
Model pesawat Boeing 737 Max /Twitter.com/@Boeing


PIKIRAN RAKYAT - Pesawat Boeing 737 Max akan diizinkan kembali untuk melanjutkan penerbangan di Eropa minggu depan. Hal ini diungkapkan oleh kepala badan keselamatan penerbangan Eropa.

Pemberian lampu hijau untuk penerbangan pesawati itu dilakukan setelah mengikuti hampir dua tahun peninjauan. Boeing 737 Max sebelumnya dilarang terbang di seluruh dunia menyusul dua kecelakaan beruntun dari maskapai Lion Air JT 610 dan Ethiopian Airlines 302.

Patrick Ky selaku direktur eksekutif Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (European Union Aviation Safety Agency/EASA) mengatakan Boeing 737 Max akan diizinkan terbang selama memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh badan tersebut dan pilot selalu mengikuti pelatihannya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sampaikan Harapan di Tahun 2021: Pulih Pandemi oleh Vaksin Maupun Pulih Ekonomi

"Pesawat itu akan diizinkan terbang lagi mulai minggu depan," katanya pada acara virtual yang diselenggarakan oleh Aviation Press Club Jerman, seperti dikutip dari AP News, Selasa, 19 Januari 2021.

Boeing 737 Max pada Maret 2019 dilarang terbang menyusul jatuhnya Lion Air di dekat Jakarta pada 29 Oktober 2018, dan penerbangan Ethiopian Airlines pada 10 Maret 2019. Total korban tewas dua kecelakaan dua pesawat Boeing itu sebanyak 346 orang.

Penyelidik menentukan bahwa penyebab kecelakaan itu adalah sistem komputer yang salah dan mendorong moncong pesawat ke bawah dalam penerbangan dan tidak dapat diganti secara manual oleh pilot.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Tenda Pengungsian Korban Bencana Mamuju: Saya Menyaksikan Sendiri Dampak Besar Gempa

Perubahan yang diamanatkan oleh EASA termasuk sertifikasi ulang sistem kontrol penerbangan pesawat, yang disebut Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS), yang bukan merupakan bagian dari model 737 sebelumnya.

Awal tahun 2021 ini, Boeing 737 Max kembali mengudara di Amerika Serikat setelah Administrasi Penerbangan Federal menyetujui perubahan yang dilakukan produsen pesawat Boeing pada sistem kontrol penerbangan otomatis.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji

Sumber: AP News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X