Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kemenhub Keluarkan Maklumat Pelayaran

- 22 Desember 2020, 10:39 WIB
Ilustrasi Kapal penangkap Ikan. /

PIKIRAN RAKYAT - Saat ini mayoritas wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

Selama masa musim hujan, kerap adanya cuaca ekstrem yang berpotensi melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Hal ini berdampak pada terganggunya sejumlah sektor transportasi seperti udara dan laut.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Ibu dari Berbagai Tokoh: Mulai dari Presiden, Musisi hingga Aktor Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam upaya mewaspadai bahaya cuaca ekstrem yang diperkirakan akan terjadi hingga 27 Desember 2020 menerbitkan Maklumat Pelayaran kepada seluruh pemangku kepentingan.

Adapun pemangku kepentingan yang dimaksud adalah Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan/KSOP, KSOP Khusus Batam, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) serta Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) dan Kepala Distrik Navigasi.

"Saya menginstruksikan kepada seluruh Syahbandar untuk melakukan pemantauan ulang kondisi cuaca setiap hari melalui website www.bmkg.go.id serta menyebarluaskan hasil pemantauan dengan cara membagikan kepada pengguna jasa serta memampangkannya di terminal-terminal atau tempat embarkasi debarkasi debarkasi penumpang," kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Ahmad seperti dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari ANTARA.

Baca Juga: Parlént, Jam Tangan Lokal Berkualitas untuk Segala Suasana

Lebih lanjut, Ahmad menambahkan apabila kondisi cuaca membahayakan keselamatan pelayaran, maka Syahbandar diminta untuk tidak menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) sampai kondisi cuaca di sepanjang perairan yang akan dilayari benar-benar aman untuk berlayar.

"Terhadap kegiatan bongkar muat barang agar diawasi secara berkala untuk memastikan kegiatan dilaksanakan dengan tertib dan lancar, muatan dilashing, kapal tidak overdraft serta stabilitas kapal tetap baik," ujarnya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X