Indonesia Negara yang Indah, SDM Perhotelan akan Semakin Dibutuhkan

- 8 Desember 2020, 14:42 WIB
Ilustrasi hotel. /thorsten-technoman/Pexels

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia sebagai negara yang kaya sumber daya alam dan dilimpahi keindahan pemandangan, serta penduduknya yang ramah, tetap menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung. Oleh karena itu, kehadiran sumber daya manusia (SDM) yang andal di bisnis perhotelan di Indonesia akan semakin dibutuhkan.

Keyakinan ini menjadi langkah bagi Kalbis Institute melakukan kolaborasi dengan lembaga perhotelan di Indonesia, Enhaiier Corporation untuk berfokus kepada pengembangan program studi perhotelan. 

"Hal ini sejalan dengan rencana pembukaan program studi yang baru yaitu Program Studi Perhotelan yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang perhotelan di tingkat sarjana dan pascasarjana,"  kata Rektor Kalbis Institute Naik Henokh Parmenas, S.H., M.M dalam keterangan di Jakarta, Selasa, 8 Desember 2020.

 Baca Juga: Banyak Investasi dari China, Mantan Wakil Ketua KPK Ungkap Kekhawatiran Terhadap Indonesia

Dikatakan, kerja sama ini menjadi salah satu upaya dalam peningkatan kualitas pendidikan serta turut dalam penyelenggaraan Tridharma Pendidikan yang tetap dilakukan. Hal itu baik dengan pengembangan dosen, peningkatan kualitas penelitian dan publikasi, perbaikan sarana dan prasarana juga pelaksanaan kerja sama dengan berbagai organisasi baik dari dalam maupun luar negeri. 

"Harapan lainnya bahwa kerja sama ini dipercaya akan mampu meningkatkan kualitas institusi untuk terus mengembangkan SDM unggul dan mewujudkan cita-cita bangsa ini menuju Indonesia Maju," tutur Naik Henokh Parmenas.

Ditambahkan, program studi perhotelan ini dibuka untuk umum atau khusus (untuk karyawan-karyawan hotel yang akan menjadi Executive Development Program). Selain itu, Enhaiier corporation sepakat berkontribusi dalam pengembangan program studi perhotelan ini dalam bentuk pengajaran dan dosen tamu.

 Baca Juga: Polisi Kabarkan Kondisi Enam Jenazah yang Tewas dalam Bentrokan dengan Kelompok Diduga FPI

Founder Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA) Inan Madewa mengatakan, langkah itu  berbekal  berpengalaman  di  bidang  perhotelan  dan  pariwisata  selama  35  tahun,  dari hotel  nonbintang,  hotel  berbintang  lima,  resort  hingga  perencanaan  kawasan Pariwisata  yang ada di Indonesia. 

"Kami yakin, kami bisa memberikan pembekalan maksimal dalam bidang perhotelan dengan kurikulum yang kekinian mengikuti perkembangan dunia pariwisata saat ini,  bekerja sama dengan Kalbis Institute yang juga merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang di kelola secara profesional," katanya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X