Menko Airlangga: Manfaatkan Peluang RCEP, Dorong Indonesia Lebih Terintegrasi dengan Nilai Global

- 27 November 2020, 19:13 WIB
Tangkapan layar - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam Google For Indonesia yang digelar secara daring, Rabu 18 November 2020. /ANTARA/HO-Google4ID/am

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia harus bisa memanfaatkan peluang yang ditawarkan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), di mana akses pasar bagi produk ekspor Indonesia bakal kian terbuka.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai ditandatanganinya perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang melibatkan 15 negara akan mendorong Indonesia lebih terintegrasi dengan rantai nilai global.

"Indonesia harus memanfaatkan peluang yang ditawarkan RCEP dengan akses pasar bagi produk ekspor Indonesia akan semakin terbuka, industri nasional akan semakin terintegrasi dengan jaringan produksi regional dan semakin terlibat dalam mata rantai regional dan global," kata Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis 26 November 2020.

Baca Juga: Hilang Sejak Tahun 2001, Buku Catatan Charles Darwin Tentang Teori Evolusi Masih Belum Ditemukan

Menurut dia, pemanfaatan RCEP di Indonesia akan didukung pembenahan iklim usaha dan investasi melalui UU Cipta Kerja yang dapat mengatasi permasalahan perizinan yang rumit dengan banyaknya regulasi pusat-daerah tumpang tindih.

Dia mengatakan pembenahan iklim usaha dan investasi tersebut diperlukan dalam meningkatkan daya saing Indonesia perbaikan peringkat kemudahan berbisnis dan indeks daya saing global.

Setelah perjanjian RCEP diteken pada 15 November 2020, maka RCEP dapat mulai diimplementasikan setelah minimal enam negara anggota ASEAN dan tiga negara mitra dagang ASEAN menyelesaikan proses ratifikasi.

Baca Juga: Malaysia dan Singapura Masih Berdiskusi untuk Pembangunan Kereta Cepat

Airlangga menambahkan gagasan awal pembentukan RCEP diinisiasi oleh Indonesia ketika menjadi Ketua ASEAN 2011.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X