Kasus Covid-19 kian Tinggi, Masyarakat Diingatkan Tanaman Obat Indonesia Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

- 27 November 2020, 13:24 WIB
Ilustrasi ramuan obat herbal. /Pixabay/Free-photos

PIKIRAN RAKYAT -Tingginya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang saat ini  menembus angka 500.000 dengan rata-rata 4.000-5.000 kasus baru per hari, mengharuskan masyarakat menjalani protokol kesehatan dengan baik. 

Apalagi di tengah masa pelonggaran PSBB saat ini, sesungguhnya risiko terhadap paparan Covid-19 menjadi semakin terbuka. 

 Karena itu, masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh secara seimbang dan optimal, karena imunitas tubuh tidak akan bisa tercapai dengan baik bila tubuh tidak sehat. 

Baca Juga: Posisinya Digantikan Miftachul Akhyar di MUI, Ma'ruf Amin Isi Jabatan Lama Din Syamsudin

Pola hidup sehat menjadi penting dalam pengaturan kedua hal tersebut dan tidak kalah pentingnya adalah asupan suplemen yang tepat pakai dan tepat guna untuk mendukung tercapainya manfaat yang optimal. 

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) mengatakan, Indonesia sangat kaya akan tanaman obat yang unggul, bahkan pemerintah telah mendukung sejumlah riset untuk pengembangan obat tradisional dan jamu karena merupakan warisan budaya yang telah terbukti secara empiris memelihara kesehatan tubuh. 

"Namun demikian, kita hendaknya bisa mengenali dengan baik kandungan yang telah terbukti membawa manfaat bagi tubuh kita. Tanaman asli Indonesia seperti kunyit, temulawak, jahe merah misalnya, mengandung zat aktif yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sedangkan kulit delima, kulit manggis dan temu kunci telah dikenal luas memiliki khasiat terpercaya untuk meningkatkan kesehatan,” ujarnya dalam peluncuran obat herbal secara virtual Kamis, 26 November 2020.

 Baca Juga: Selawat Nabi Muhammad SAW di Kelenteng Phan Ko Bio, Potret Toleransi Keberagaman di Kota Bogor

Obat herbal yang  diproduksi PT Tunggal Idaman Abdi atau TIA Pharma adalah Herbatia Sari Imuno sebagai imunostimulan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan Herbatia Sari Oxyfit sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas untuk menjaga tubuh tetap sehat.  

Lebih jauh Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania memaparkan, temulawak, yang merupakan tanaman herbal khas Indonesia, berfungsi sebagai adaptogen yaitu zat yang mampu meregulasi hormon agar beradaptasi dengan stres fisik maupun lingkungan, sehingga mampu meningkatkan stamina dan energi. 

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X