Survei Eastspring: Orangtua Pesimistis Anak Berhasil Kelola Uang, Perlu Pendidikan Literasi

- 26 November 2020, 21:26 WIB
Ilustrasi uang, dana, anggaran. /ANTARA

 

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah studi regional besar yang dilakukan oleh Eastspring Investments (Eastspring) menemukan bahwa tiga dari empat orang tua tidak yakin akan keberhasilan mereka dalam mendidik pengelolaan keuangan anak - anaknya. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan literasi keuangan yamg memadai.

Seck Wai-Kwong, Presiden Direktur Grup Eastspring Investments mengatakan, inklusi dan literasi keuangan menjadi topik utama dan pihaknua bersemangat untuk mendidik generasi berikutnya sehingga anak-anak dapat memahami nilai uang dan mampu membuat keputusan finansial yang terinformasi untuk melindungi masa depan mereka.

“Sebagai Manajer Investasi terkemuka di Asia, kami menyadari tanggung jawab yang kami miliki kepada masyarakat dan diinvestasikan dengan teguh untuk masa depan klien kami dan komunitas tempat dimana kami beroperasi," ujar Seck Wai-Kwong mengomentari hasil penelitiamln itu, seperti dalam keterangannya di Jakarta, Kamis 26 November 2020.

Baca Juga: Tanpa Prioritas, Seluruh Guru Honorer Berpeluang Jadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

"Kami memainkan peran penting dalam membantu orang tua menjadi teladan yang lebih baik dengan memberdayakan mereka dengan pengetahuan, keterampilan dan alat untuk memberikan bimbingan dan bantuan keuangan terbaik kepada anak-anak mereka dan untuk generasi yang akan datang,” tambah Seck Wai-Kwong.

Studi Money Parenting perdana Eastspring (#MoneyParenting) mensurvei 10.000 orang tua di sembilan pasar Asia untuk mengeksplorasi bagaimana orang tua mendidik anak mereka tentang tanggung jawab finansial. Temuan ini memberikan pandangan yang komprehensif tentang persepsi, kebiasaan dan pengetahuan di antara orang tua Asia tentang pendidikan keuangan, bagaimana sikap dan keyakinan tentang keuangan ini diturunkan kepada anak-anak mereka.

Studi tersebut mengungkapkan, lebih dari setengah (51%) dari semua orang tua yang disurvei mengatakan bahwa mereka tidak tahu apakah mereka telah menjadi guru dan teladan yang sukses bagi keturunan mereka. Pada saat yang sama, hampir semua (95%) orang tua yang disurvei setuju bahwa pentingnya untuk mengajari anak-anak mereka tentang cara menggunakan dan mengelola uang.

Baca Juga: Turki Jatuhkan Hukuman Seumur Hidup kepada Ratusan Terdakwa Percobaan Kudeta Tahun 2016

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X