Percepat Dana Lansia, Rully Indrawan: KSP Indosurya Melangkah Positif, Perdamaian dan Pelunasan

- 25 November 2020, 14:13 WIB
Dokumentasi - Sekretaris Kementerian Koperasi UKM, Rully Indrawan, berbicara pada Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah, Forum Perencanaan Perangkat Daerah Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2020, di Jatinangor, Sumedang, Selasa 25 Februari 2020. /Pikiran-rakyat.com/RIKA RACHMAWATI

PIKIRAN RAKYAT - Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Rully Indrawan mengatakan  Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya melakukan langkah positif, perdamaian dan pelunasan perjanjian adalah langkah yang harus ditempuh. 

"Hal berbeda jika ada moral hazard atau ada kejahatan di dalamnya, para anggota bisa menempuh proses hukum," katanya dalam keterangan di Jakarta, Rabu 25 November 2020. Rully menanggapi langkah KSP Indosurya yang menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pencairan Dana Lansia. 

Seperti diberitakan, pendiri dan pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta menilai kasus gagal bayar yang menimpa para anggota dan calon anggota koperasi KSP Indosurya merupakan dampak sistemik dari maraknya kasus gagal bayar usaha sejenis. Kasus ini diperkirakan menelan kerugian nasabah hingga Rp 14 triliun.  

 Baca Juga: Harta Kekayaan Edhy Prabowo Saat Jadi Menteri KKP dan Ditangkap KPK, Beda Jauh dari Susi Pudjiastuti

Kuasa Hukum pendiri sekaligus mantan pengurus KSP Indosurya Hendry Surya yakni Juniver Girsang menjelaskan, kasus gagal bayar yang melanda KSP Indosurya disebabkan masalah sistemik yang mulai dirasakan sejak 2019. Alhasil, banyak nasabah yang tak lagi aktif di KSP Indosurya dan menyebabkan perputaran uang yang selama ini lancar menjadi tersendat

Setelah kejadian itu, kini KSP Indosurya terus menunjukkan komitmennya untuk mencairkan dana milik anggotanya sesuai perintah putusan dari Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. 

Bulan November ini, ada ribuan anggota yang dananya kembali dicairkan Indosurya di bawah Rp500 juta. Terhadap ribuan anggota yang lansia, Koperasi ini membentuk task force atau satuan tugas khusus untuk mempercepat proses pencairan.

 Baca Juga: SBM ITB Beri Beasiswa S2 kepada Wartawan, Rani Ummi Fadila Raih Skor Seleksi Tertinggi

Pengurus KSP Indosurya, Sonia mengungkapkan, pihaknya tak mengalami  hambatan atau kendala dalam proses pencairan dana anggota KSP. Saat ini, kata dia, memang masih pencairan dana anggota di bawah Rp500 yang jumlahnya sekitar 1.150 anggota. 

“Tidak ada kendala, so far baik-baik saja. Kita jalankan sesuai seperti bulan September pada bulan Oktober dan November ini, ya 1.150 anggota masih berjalan sampai sekarang,” kata Sonia di Grha Indosurya Kuningan, Jakarta pada Selasa, 24 November 2020.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X