Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 31 ° C

Pembuktian Kopi Jabar yang Beragam dan Potensial Lewat West Java Specialty Coffee Festival

Yulistyne Kasumaningrum
KEPALA Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Arifin Soedjayana tengah bersiap menyajikan salah satu kopi asal Jabar saat Konferensi Pers West Java Specialty Coffee Festival 2019, di Bandung, Rabu, 30 Oktober 2019. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 1-2 November 2019 di Trans Studio Mall Bandung ini ditujukan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan industri kopi Jabar.*/YULISTYNE KASUMANINGRUM/PR
KEPALA Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Arifin Soedjayana tengah bersiap menyajikan salah satu kopi asal Jabar saat Konferensi Pers West Java Specialty Coffee Festival 2019, di Bandung, Rabu, 30 Oktober 2019. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 1-2 November 2019 di Trans Studio Mall Bandung ini ditujukan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan industri kopi Jabar.*/YULISTYNE KASUMANINGRUM/PR

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menggelar West Java Specialty Coffee Festival. Gelaran yang dihelat Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini ditujukan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan industri kopi Jabar.

Kepala Disperindag Jabar, Arifin Soedjayana, mengatakan industri kopi di Jabar memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan karena didukung bahan baku yang berkualitas. Seperti yang diketahui, kopi asal Jabar memiliki memiliki jenis kopi yang beragam dan potensial sebagai komoditas yang menjanjikan di pasar nasional maupun internasional.

Kopi Jabar juga memiliki cupping score yang tinggi sehingga termasuk dalam segmen specialty coffee (kopi premium). Dari sisi historis, kopi Jabar dikenal dengan istilah Java Preanger telah sangat populer di dunia dengan istilah A Cup of Java atau Secangkir Kopi dari Jawa.

“West Java Specialty Coffee Festival diselenggarakan untuk lebih memperkenalkan keunggulan seluruh kopi Jawa Barat ke khalayak luas, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopi maupun pelaku industri kopi, khususnya di Jabar,” ujarnya saat Konferensi Pers West Java Specialty Coffee Festival, di Bandung, Rabu, 30 Oktober 2019.

Ajang ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas kopi yang ada di Jabar agar dapat sejajar dengan kopi dari daerah dan negara lain di skala internasional. Lebih lanjut, melalui kopi diharapkan akan membawa Jawa Barat mendunia.

Jabar sebagai produsen kopi berkualitas tinggi

West Java Specialty Coffee Festival 2019 diselenggarakan pada tanggal 1-2 November 2019 di Trans Studio Mall Bandung. Tahun ini, kegiatan diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan Specialty Coffee Association of Indonesia dan Asean Coffee Federation (ACF)

Penyelenggaraan kegiatan tersebut dijelaskan sejalan dengan program pencanangan Jabar sebagai produsen kopi yang berkualitas tinggi. Selain itu, juga sebagai langkah strategis untuk menggenjot pertumbuhan tanaman kopi guna memenuhi permintaan kopi yang terus meningkat.

SEJUMLAH awak media bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Arifin Soedjayana tengah menikmati salah satu kopi asal Jabar saat Konferensi Pers West Java Specialty Coffee Festival 2019, di Bandung, Rabu, 30 Oktober 2019. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 1-2 November 2019 di Trans Studio Mall Bandung ini ditujukan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan industri kopi Jabar.*/YULISTYNE KASUMANINGRUM/PR

Perhelatan West Java Specialty Coffee Festival 2019 meliputi rangkaian program acara, mulai dari pameran, konferensi, kompetisi, dan lelang terkait kopi, hingga hiburan musik. Yaitu West Java Specialty Coffee Exhibition, Indonesia Specialty Coffee Conference, West Java Coffee Championship, Indonesia Micro-lots Specialty Coffee Auction by SCAI, Coffee Business Matching, dan Live MusicTak ketinggalan, diramaikan dengan kompetisi Cup Tasters Championship & Late Art Championaship dengan Dewan Juri: Irma Purnama, Okky Triana, Ovie Kurniawan, dan Viki Rahardja.

Acara ini diikuti petani kopi dari berbagai titik perkebunan kopi di Jawa Barat, pemilik atau pengelola kedai kopi, dan barista. Kegiatan ini merupakan peluang untuk mempromosikan kopi Jabar ke tingkat nasional dan internasional.

Pada kegiatan ini, pengunjung dapat mencicipi berbagai rasa kopi yang disajikan gratis oleh ahlinya. Selain itu pengunjung juga dapat membeli produk kopi dalam bentuk biji dan bubuk yang belum diolah. Sambil menikmati kopi, pengunjung dihibur oleh penampilan musik sepanjang acara.***

Bagikan: