Pikiran Rakyat
USD Jual 14.004,00 Beli 14.102,00 | Berawan, 26.8 ° C

Cara Kekinian Biar Milenial Lebih Melek Finansial

Advertorial
ISTIMEWA.*/DOK KREDIVO
ISTIMEWA.*/DOK KREDIVO

Cap YOLO (You Only Live Once) memang sangat melekat pada generasi milenial, banyak yang memiliki penghasilan yang lumayan tetapi menghabiskan hasil kerja kerasnya untuk memenuhi keinginan untuk traveling. Memang tidak ada salahnya juga untuk memenuhi gaya hidup seperti itu, selain bisa melepas stress dari pekerjaan sehari-hari, pengalaman yang ditemui juga berharga. Tetapi pola hidup menghambur-hamburkan uang seperti inilah yang membuat milenial terkesan tidak melek dan memikirkan kesehatan finansial.

Oleh karena itu teruntuk para milenial, mau bagaimana juga, cepat maupun lambat, kehidupan seseorang harus menghadapi aspek finansial. Jadi, memiliki pemahaman yang mendalam tentang finansial yang akan berguna di masa yang akan datang sangatlah penting untuk dipelajari sedini mungkin. Lagi pula, zaman sekarang untuk memahami suatu informasi sudah tidak susah lagi. Sudah banyak informasi dan aplikasi yang menunjang milenial untuk melek finansial. Tinggal luangkan waktu dan berniat untuk mengetahui semua tentang finansial. 

Sebelum terlambat untuk belajar, mari simak bagaimana cara agar lebih melek finansial, dengan cara kekinian.

Ubah Cara Berpikir

Langkah pertama agar lebih melek finansial adalah dengan mengubah mindset atau cara berpikir. Hal ini penting dilakukan sebelum mulai mengetahui tentang seluk beluk finansial. Sebab, banyak orang terlalu fokus menjalani apa yang dihadapinya sekarang atas nama kebebasan dan kebahagiaan. Akibatnya mereka tidak punya rencana akan masa depan.

Luangkan juga waktu untuk untuk meningkatkan pengetahuan terkait investasi, pinjaman, asuransi hingga tabungan pensiun. Mulailah belajar dari hal yang paling menarik. Yang paling penting, harus berkomitmen dan fokus untuk meningkatkan pengetahuan finansial diri sendiri.

Pergunakan Internet dengan Sebaik-Baiknya

Bagi anak muda zaman sekarang, smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja. Lewat ponsel, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari transaksi keuangan hingga mengakses informasi. Melalui smartphone juga bisa bikin kita lebih melek finansial, karena banyak sekali video, akun media sosial dan blog yang sangat berfaedah untuk ditonton, diikuti dan dibaca demi bertambahnya pengetahuan finansial diri sendiri. Asyiknya lagi, konten yang disajikan lebih mudah dicerna karena penyajiannya lebih sederhana dan mudah dimengerti.

Nah beberapa akun di media sosial ini patut di-follow agar pengetahuan finansial terus meningkat setiap harinya.

- Jouska_id

Jouska adalah sebuah firma finansial yang menyediakan jasa konsultasi keuangan. Misinya adalah merencanakan masalah finansial sesederhana mungkin. Selain konsultasi, ia juga menyediakan program finance planning sesuai kebutuhan konsumen.

Ikuti Instagram @Jouska_id akan menambah banyak wawasan tentang dunia perbankan. Selain masalah perbankan dan finansial, feed instagram yang menarik bikin betah mata buat rajin scroll-scroll timeline. Dengan jumlah pengikut lebih dari 500 ribu, Jouska juga menawarkan aplikasi yang bisa diunduh di Appstore atau Playstore untuk membantu merencanakan permasalahan finansial seseorang.

- Merry Riana

Siapa yang tidak kenal dengan Merry Riana? Wanita satu ini sudah berhasil menginspirasi banyak orang dengan kisah suksesnya dalam menggapai kemapanan finansial. Keberhasilannya itu sudah dituangkan dalam sebuah buku, hingga akhirnya diangkat ke layar lebar.

Bila melihat isi Instagram Merry Riana (@merryriana), bisa dilihat banyak nasihat penting soal cara mengatur finansial di media sosial. Hingga kini akun satu ini sudah memiliki lebih dari 2 juta pengikut. Selain itu di akun instagram ini juga menyediakan informasi lengkap mengenai jadwal pelatihan keuangan yang digelar Merry di berbagai daerah.

- Ellen May

Ellen May mungkin masih sedikit asing di telinga banyak orang. Namun bicara soal keahlian mengatur keuangan, ia adalah salah satu yang terbaik. Maka tak heran jika ia kemudian sampai berhasil mendirikan organisasi yang diinspirasi oleh kesuksesannya, Ellen May Institute.

Akun Instagram Ellen yaitu @ellenmay_official. Akun ini termasuk cukup populer di media sosial, dengan lebih dari 100 ribu followers. Rupanya banyak juga yang merasa terinspirasi dengan pelaku pasar modal yang satu ini.

Tak hanya informasi training dan quotes inspiratif, akun Ellen May juga sering dipenuhi dengan beragam informasi penting mengenai tips dalam berinvestasi, khususnya di pasar saham.

Selain itu, video adalah medium yang sangat berguna untuk meningkatkan pengetahuan finansial. Youtube bisa jadi pilihan yang baik karena banyak channel yang didirikan oleh para profesional yang bergelut di bidang keuangan, misalnya channel Youtube milik Tung Desem Waringin, Merry Riana, Safir Senduk atau Prita Ghozie.

Mulai Coba Mempraktikkan

Setelah mempelajari dengan rutin tentang literasi keuangan, sekarang saatnya untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari. Mulailah dari hal yang sangat sederhana, yaitu dengan membuat anggaran bulanan, mencatat pengeluaran setiap harinya, dan lakukan monitor dan analisis terhadap pengeluaran tersebut. Pisahkan antara kebutuhan utama (makan, minum, transport dll), pembayaran cicilan, PLN, pulsa, menabung dan lain-lain. Tetapkan tujuan utama agar dapat menyisihkan uang untuk menabung atau investasi.

Jikalau gagal dan uang bulanan tetap tidak tersisa, review kembali agar menjadi pembelajaran atau pengalaman untuk masa depan. Cari celah pengeluaran mana yang membengkak atau seharusnya tidak dikeluarkan. Contohnya, bila membeli barang-barang seperti baju, sepatu, tas ataupun barang-barang fashion lainnya yang membuat pengeluaran bulanan terbesar, coba kredit saja ke lembaga pinjaman online yang bunganya kompetitif seperti Kredivo. Hanya 2,95% per bulan dan limit hingga Rp30 juta, kalian bisa menikmati kredit online tanpa kartu dengan tenor 3/6/12 bulan di lebih dari 250 e-commerce di Indonesia.

Nah, sekarang sudah tahu bagaimana caranya agar lebih melek finansial dengan cara kekinian, tanpa repot pergi ke seminar atau baca buku pelajaran. Namun, selalu ingat bahwa kesadaran diri sendiri dan niat untuk mempraktekkan semua yang sudah dipelajari adalah kunci untuk meraih kesuksesan dalam finansial.***

Bagikan: