Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Cerah berawan, 20.7 ° C

Jaringan Telekomunikasi Percepat Transaksi Petani

Ade Bayu Indra
SEORANG petani, Dedeh membutuhkan sarana komunikasi untuk kelancaran usahanya.*/ADE BAYU INDRA/PR
SEORANG petani, Dedeh membutuhkan sarana komunikasi untuk kelancaran usahanya.*/ADE BAYU INDRA/PR

BANDUNG, (PR).- Jaringan telekomunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh semua kalangan saat ini, tak terkecuali Dedeh (53), seorang petani yang menggarap lahan di sekitar Base Transceiver Station (BTS) Site PT Tower Bersama Infrastructure, di Kampung/Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 10 Oktober 2019. 

Keberadaan BTS site Kayu Ambon Blok Sindang Wangi yang berdiri di kawasan pertanian tersebut menurutnya sangat membantu komunikasi para petani. Selain untuk berhubungan dengan kerabat, mereka membutuhkan pula untuk mengabarkan kondisi lahan dan bahkan untuk memantau serta menjual hasil panen ke pasar.

"Zaman sekarang, kebutuhan komunikasi sangat penting untuk memperlancar usaha petani. Petani pun berharap, jaringan komunikasi di wilayahnya tetap stabil tanpa gangguan. Itu penting agar proses transaksi tidak banyak menghadapi gangguan," tutur Dedeh.

Jaringan telekomunikasi yang baik terutama di daerah yang jauh dari pusat keramaian saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk mendukung kebutuhan sinyal komunikasi dan data supaya tidak terhambat, infrastruktur telekomunikasi pun harus mendukung. Salah satunya dengan menambah jumlah site terutama di beberapa kawasan yang belum terjangkau sinyal telekomunikasi.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, per 30 Juni 2019, PT Tower Bersama Infrastructure  telah memiliki 26.713 penyewaan dan 15.344 site telekomunikasi. Site telekomunikasi milik Perseroan terdiri dari 15.272 menara telekomunikasi, dan 72 jaringan Distribusi Antena Sistem (DAS). Sedangkan target untuk tahun 2019 penambahan sebanyak 3.000 penyewaan.

Infratsruktur telekomunimasi saat ini menjadi bagian yang tidak dapat terpisah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya penambahan infrastruktur telekomunikasi, teknologi pun semakin canggih sehingga memberi banyak kemudahan bagi manusia untuk melakukan komunikasi meskipun terkendala jarak.***

Bagikan: