Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya berawan, 26.5 ° C

PLN Gelar Friday Innovation Night

Satrio Widianto
ILUSTRASI. energi listrik.*/CANVA
ILUSTRASI. energi listrik.*/CANVA

JAKARTA, (PR).- Kehadiran listrik semakin diakui. Tidak hanya untuk memberi penerangan, tetapi juga untuk berbagai kebutuhan. Untuk itu, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menggelar Friday Innovation Night di lima kota untuk memperkenalkan berbagai inovasi di bidang listrik sekaligus aplikasinya untuk menjadikan listrik sebagai energi pintar.

"Kami akan hadir di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar diisi dengan bincang-bincang dan juga hiburan," kata Senior Executive Vice President Business dan Pelayanan Pelanggan PT PLN, Yuddy Setyo Wicaksono di Jakarta, Senin 7 Oktober 2019.

Menurut Yuddy, bincang-bincang itu akan membahas mengenai energi ramah lingkungan sesuai dengan gaya hidup masyarakat yang ingin serba praktis, termasuk dalam hal memiliki hunian pintar. Sedangkan untuk hiburan ditampilkan teknologi ilusi yang menggambarkan gaya hidup serba listrik mulai dari eco moving, eco living, dan eco lifestyle, jelasnya.

Selain itu, juga digelar edukasi mengenai penggunaan kompor induksi yang lebih ramah lingkungan, termasuk juga penggunaan solar panel, motor listrik melibatkan komunitas kendaraan berpenggerak listrik seperti sepeda listrik, segway, dan lainnya.

Hendra Noviyanto selaku co-founder CRP (Citarasaprima Indonesia Berjaya) yang akan dihadirkan dalam acara tersebut mengatakan selaku pemilik gerai Upnormal perusahaannya berkomitmen untuk menyediakan 100 colokan listrik di setiap gerai.

“Kami juga sudah mulai menggunakan sejumlah kompor listrik – induksi di sejumlah gerai kami, sebagai komitmen mengurangi penggunaan kompor yang berasal dari energi yang cepat habis," ujarnya.

Kompor induksi

"Selain itu, sebagai bentuk partisipasi kami menggunakan kompor induksi, dalam kegiatan even internasional Dubai Expo 2020 nanti, kami juga menjadi salah satu perusahaan pengaplikasi penggunaan kompor induksi," paparnya

Di sisi lain, Yuddy menambahkan, bagi pengusaha di bidang kuliner, PLN juga sudah menunjukkan keberpihakannya kepada para pelaku usaha kecil dan menengah dengan cara mempermudah pedagang di daerah Kebayoran, Jakarta Selatan dengan cara memberikan token gratis, serta menyediakan stasiun penyedia listrik umum (SPLU) di wilayah tersebut.

Untuk mendukung electrical lifestyle, menurut Christian selaku marketing Viar Motor dan Vrent, salah satu produsen otomotif Indonesia, pihaknya tidak hanya menunjukkan komitmennya dengan mulai memproduksi motor listrik, tetapi juga secara progresif mulai memasuki era industry 4.0, dengan membuka aplikasi untuk sewa motor listrik berbagi.

“Dengan biaya sewa sangat murah, yakni Rp2.500,-/15 menit, maka konsumen dapat pergi ke stasiun terdekat, dengan men-scan QR code, dapat langsung menikmati fasilitas ini dengan kecepatan maksimal 60 km/jam, dengan jarak tempuh juga mencapai 60 kilometer," ujarnya.***

Bagikan: