Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 24.2 ° C

Bernaung di Bawah Koperasi, Cyberjek Ramaikan Persaingan Ojek Online

Riesty Yusnilaningsih
RIESTY YUSNILANINGSIH/PR
RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

BEKASI, (PR).- Persaingan ojek online di tanah air segera diramaikan dengan kehadiran Cyberjek sebagai operator baru. Operator ojol yang bernaung di bawah koperasi ini menawarkan daya tarik tersendiri bagi para pengemudi juga penumpang penggunanya.

Bertempat di Kantor Cabang Koperasi Tass Indonesia Nusantara, Sabtu 28 September 2019, Cyberjek mulai menjaring pengemudi dengan membuka booth pendaftar. Sejauh ini, sudah terdaftar lebih dari 6.000 di wilayah sekitar Bekasi dan lebih dari 80.000 pengemudi se-Jabodetabek.

"Karena Cyberjek bernaung di bawah Koptassindo, otomatis para pengemudi terdaftar sebagai anggota koperasi kami," kata Kepala Wilayah Cyberjek Bekasi Raya, Devi Rahmawati.

Keanggotaan di koperasi ini juga yang menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan Cyberjek. Sebab sebagai anggota, para pengemudi Cyberjek bisa memanfaatkan fasilitas yang dapat diakses oleh anggota koperasi. Misalnya peminjaman uang, pembelian sembako, bahkan perbaikan motor juga bisa dimanfaatkan dengan cara dicicil.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, hal yang diberikan Cyberjek kepada pengemudi ialah ketiadaan potongan seperti halnya diberlakukan operator ojol lainnya.

"Jadi semua hasil narik ojek pengendara, semua menjadi hak mereka, tidak ada keharusan menyetor sekian persennya pada kami. Hanya kewajiban iuran bulanan Rp 100.000 sebagai anggota yang dibebankan kepada para pengemudi," katanya.

RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

Kemudian selain sejumlah daya tarik tersebut, para pengemudi Cyberjek juga secara otomatis diikutsertakan dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, selain asuransi dari Jasa Raharja yang juga siap dimanfaatkan manakala terjadi risiko di jalan.

Dengan aneka daya tarik tersebut, Devi memastikan pengguna Cyberjek nantinya tidak akan dibebani tarif lebih tinggi dibandingkan operator lain. Justru para pengguna Cyberjek bisa ikut menikmati juga manfaat dengan menjadi anggota Koptassindo.

"Soal tarif sama, sesuai ketentuan dari Kementerian Perhubungan. Jenis layanan juga beragam, yakni berikut pengantaran makanan, pengantaran barang, selain transportasi penumpang. Tapi penumpang setia pelanggan Cyberjek bisa ikut merasakan manfaat juga nantinya," katanya.

Devi mengatakan, Bekasi merupakan wilayah pertama yang memiliki cabang Cyberjek, setelah kantor pusat yang berlokasi di Depok diresmikan pada Agustus. Setelah Bekasi, Cyberjek juga akan merambah kota-kota besar lain di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, dan lainnya. "Peresmian operasionalnya secara serentak akan dilakukan di Jakarta, 12 Desember 2019," katanya.***

Bagikan: