Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 24.2 ° C

Berencana Renovasi Rumah? Ikuti 4 Tips Ini Supaya Biayanya Murah

Tim Pikiran Rakyat
ISTIMEWA.*/DOK rumah123.com
ISTIMEWA.*/DOK rumah123.com

MESKIPUN hunian sudah mengalami kerusakan di sana sini, tak jarang kita masih menunda untuk melakukan renovasi rumah. Alasannya biasanya tak jauh dari ketakutan akan biaya renovasi yang mahal. Padahal tak selamanya renovasi memakan bujet besar lho. Ada sejumlah tips yang bisa diterapkan supaya renovasi hunian cukup mengeluarkan biaya minimal, namun dengan hasil yang tetap maksimal.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak 4 tips renovasi rumah berbiaya murah dari Rumah123.com berikut ini!

1. Tentukan prioritas, bedakan mana renovasi rumah yang didasari kebutuhan dan keinginan

Kecuali kamu memang sudah menyiapkan biaya besar untuk melakukan renovasi, sebaiknya kamu tentukan dulu prioritasmu sedari awal kalau tak mau mengalami “kebocoran”. Bedakan mana renovasi yang dilakukan berdasarkan kebutuhan atau keinginan. Kebutuhan misalnya seperti atap bocor atau lantai keramik pecah. Sedangkan keinginan, misalnya seperti mengubah tata ruang, atau mengganti suasana. Prioritaskan mana yang jadi kebutuhanmu, dan dahulukan kebutuhan tersebut. Jika ada dana yang tersisa, barulah beranjak ke daftar keinginanmu. 

2. Manfaatkan bantuan jasa renovasi rumah yang tepercaya

Tak sedikit orang yang berani merenovasi hunian mereka sendiri dengan bermodalkan ilmu dari YouTube. Niatnya sih mau meminimalisir biaya tukang atau kontraktor. Tapi kalau gagal, malah biaya yang keluar akan lebih besar untuk memperbaiki kesalahan renovasi. Padahal dengan mengeluarkan dana lebih besar di awal untuk membayar jasa profesional, hasilnya bisa lebih maksimal dan bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang. 

Memilih jasa renovasi rumah pun tak boleh sembarangan. Pilihlah jasa profesional yang memiliki sertifikasi, menyediakan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB), serta memberikan garansi pasca renovasi. Supaya lebih maksimal lagi, lihat juga portofolio hasil pengerjaan renovasi mereka terlebih dahulu. 

3. Gunakan bahan bangunan yang berkualitas tinggi

Banyak orang yang tergiur dengan harga bahan bangunan yang murah. Padahal, berbeda dengan barang lainnya, bahan bangunan dengan harga mahal jelas sudah terjamin kualitasnya. Dan dengan menggunakan material yang murah, hasil yang diperoleh juga bisa kurang memuaskan. Mungkin satu hingga dua tahun pertama tak akan terasa. Tapi di tahun-tahun berikutnya, besar kemungkinan kamu harus melakukan renovasi ulang karena kerusakan mulai muncul lagi. Kalau begini, mau untung malah jadi buntung kan?

4. Buat konsep yang matang sebelum pengerjaan renovasi rumah dilakukan

Biasanya, perubahan rencana kerap terjadi setelah sebagian hasil renovasi ternyata kurang memuaskan. Misalnya pilihan cat warna yang ternyata tak sesuai ekspektasi awal, atau ada inspirasi yang tiba-tiba datang. Perubahan rencana di tengah-tengah ini tentu akan memakan biaya lebih besar karena bisa mengganggu perencanaan keseluruhan yang telah dikonsepkan di awal. Maka dari itu, matangkan dulu konsep keseluruhan sebelum pengerjaan renovasi dilakukan.*** 

Bagikan: