Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sedikit awan, 20.7 ° C

Harga Ikan Arwana Silver Sedang Naik

Kodar Solihat
SALAH satu jenis ikan arwana kelas atas yang harganya ratusan juta rupiah.*/DOK. CLUB INDONESIAN AROWANA
SALAH satu jenis ikan arwana kelas atas yang harganya ratusan juta rupiah.*/DOK. CLUB INDONESIAN AROWANA

SUMEDANG, (PR).- Bisnis ikan hias jenis arwana dan brushmouth dari Sumedang memperoleh minat pasar yang bagus dari sejumlah penggemar ikan hias yang satu ini. Apalagi, Sumedang dikenal menjadi lokasi budidaya ikan hias yang berkualitas bagus, karena ditunjang dengan kualitas air yang menunjang.

Menurut Ketua Asosiasi Ikan Hias Kabupaten Sumedang, Dede Ramadan, di Sumedang, Rabu 18 September 2019, fenomena tersebut pun membawa kegairahan bagi kalangan pembudidaya ikan hias di Sumedang. Untuk ikan hias, adalah jenis arwana dan brushmouth yang sangat diminati konsumen, serta lempeng moss.

Disebutkan, dengan fenomena tersebut, bisnis ikan arwana, brushmouth, dan lempeng moss menjadi usaha yang memiliki pasar lancar di antara usaha para pembudidaya ikan hias di Sumedang. Walau sebenarnya usaha budidaya ikan hias di Sumedang tergolong tak termasuk sangat banyak, namun usaha ini bergerak menjadi kekuatan ekonomi masyarakat lokal.  

Khusus ikan arwana, menurut Dede Ramadan, yang sangat diminati pasar adalah yang berwarna silver, karena pasokannya sedang langka. Bahkan kini sedang musim mijah, sehingga harga ikan arwana silver sedang naik.

Menurut dia, rata-rata ikan arwana silver sekarang untuk ukuran 10 cm dijual Rp 35.000/ekor, ukuran 12 cm Rp 40.000/ekor, serta ukuran 14 cm rata-rata dijual Rp 45.000/ekor.

Lain halnya ikan brushmouth, menurut Dede Ramadan,  adalah jenis albino slayer yang sangat laku, karena tak semua orang dapat membudidayakannya. “Tapi alhamdulillah sudah setahun berjalan, saya pribadi sudah dapat memroduksi rutin dan memasok ke Bandung sekitar 100-150 ekor/pekan,” ujarnya.

Akuarium aquascape

Sedangkan bisnis lempeng moss, disebutkan, yang diminati para konsumen adalah pakis java. Soalnya, kebutuhan para konsumen yang rata-rata mencintai akuarium aquascape.

Bahkan, katanya pula, di Sumedang kini sedang banyak orang dari kalangan kepolisian meminati memiliki akuarium aquascape. Rata-rata akuarium jenis aquascape itu yang harganya terjangkau dan midah disetting pada meja kerja.

Infomasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, ikan brushmouth sebenarnya merupakan salah satu keluarga ikan jenis sapu-sapu. Namun ikan brushmouth tampilannya unik, dimana memiliki dua versi, yaitu warna hitam dan putih.

Sedangkan ikan arwana silver, diketahui memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai pada ujung ekor memberi kesan yang sangat anggun saat berenang.

Arwana ini dapat tumbuh sampai 50 - 60 cm. Jenis ini berasal dari Amerika Selatan, namun saat ini sudah dapat dikembangbiakkan di indonesia. Memang harga dari arwana jenis ini lebih murah dari jenis Jardini. Namun jika arwana ini sudah berukuran besar sangat indah untuk di pandang. Belakangan tersiar kabar bahwa jenis ini sudah ada dengan warna platinum silver (warna silvernya menyerupai warna platinum & merata di seluruh tubuhnya).***

Bagikan: