Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sebagian berawan, 20.8 ° C

Kredit Online Pakai Kredivo, Bisa untuk Apa Saja?

Tim Pikiran Rakyat
Ilustrasi.*/DOK. KREDIVO
Ilustrasi.*/DOK. KREDIVO

EMPAT bulan yang lalu, saya sering banget lihat iklan kredit online Kredivo mulai dari di commuterline, Youtube, di Google, sampai di billboard yang dipasang di beberapa titik jalan ibukota. Saking seringnya lihat iklan, saya jadi penasaran, sebenernya fungsinya Kredivo ini bisa ngapain aja sih?

Kalau yang saya tangkap di awal, Kredivo ini adalah fintech yang fungsinya bisa jadi kayak kartu kredit, tapi tanpa kartu, alias kredit online atau kartu kredit digital. Ya, kita bisa kredit di merchant atau e-commerce yang udah kerja sama dengan Kredivo apabila udah terdaftar jadi nasabahnya Kredivo. 

Karena penasaran, baca info sana sini cukup oke reviewnya, akhirnya saya coba sendiri download aplikasinya di Google Play Store 2 bulan lalu. Awalnya, saya cukup khawatir karena Kredivo ini termasuk fintech. Yang saya tau, fintech di Indonesia ini masih belum jelas regulasinya. Jadi kalau mau pakai jasa fintech, mesti bener-bener teliti dan minimal harus udah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Dari info yang saya dapat di situs Kredivo dan juga aplikasinya, Kredivo udah terdaftar jadi salah satu fintech legal yang diawasi OJK. Saya cek di situs OJK juga sama, Kredivo salah satu yang masuk daftar. Jadi udah cukup aman, makanya saya mutusin untuk daftar setelah download. 

Nah, selain faktor kemanan, menurut saya pribadi, yang bikin Kredivo ini cukup populer dipakai banyak orang salah satunya karena syarat pendaftarannya yang gampang banget. Kita udah bisa daftar Kredivo kalau udah 18 tahun ke atas, punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan, dan tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.


Proses daftar akun Kredivo

Nggak cuma syarat daftarnya aja yang gampang, proses daftarnya itu sendiri juga gampang banget, nggak sampe 10 menit kalau pengalaman saya pribadi. Saya daftar sebagai pengguna premium Kredivo karena katanya limit yang didapat maksimal bisa sampai Rp 30 juta. Pas daftar, saya cuma upload foto KTP, isi form data diri, selfie, konekin akun internet banking saya dan akun merchant online saya yang aktif atau ada riwayat transaksinya. Nggak sampe sehari, pendaftaran saya disetujuin dan saya dapat limit kredit nontunai dari Kredivo sekitar Rp 20 jutaan. 

Yes, prosesnya lebih cepat & mudah kalau dibandingkan dengan apply kartu kredit perbankan. Habis dapat limit, beberapa hari setelahnya saya langsung coba kulik fasilitas kredit atau cicilan online apa saja sih yang bisa saya dapatkan dari Kredivo ini. Secara garis besar, kalau pakai Kredivo, kita bisa gunain untuk 4 hal ini:

Bisa transaksi ini itu dan bayar nanti 30 hari setelahnya tanpa bunga

Mau beli pulsa, paket data, token PLN, pas darurat? Atau tanggal tua, butuh beli barang yang penting di e-commerce kayak Shopee, Bukalapak, atau Tokped? Pakai Kredivo, saya bisa beli sekarang bayar nanti dalam tempo 30 hari sejak tanggal pembelian. Yang menarik, nggak pake bunga alias 0%! 

Fitur yang satu ini bisa dimanfaatin kalau misalnya kita transaksi di bawah Rp 1 juta atau transaksi yang kecil-kecil kayak beli barang puluhan ribu atau ratusan ribu. Misal, beli tas di Shopee harga Rp150.000, bayar 30 hari setelahnya ditambah biaya layanan sekitar Rp1.000 - Rp2.000, jadi total Rp152.000-an aja. 

Saya sendiri sering banget pakai fitur ini buat beli paket data sama token PLN, lumayan pas malem-malem listrik mati atau pas paket internet abis tapi gajian masih lama. Kalau buat paket data sama PLN bisa langsung beli lewat aplikasi Kredivo-nya. Nggak perlu ke e-commerce. Transaksi jadi lebih cepet dan nggak kepotong biaya admin. 

Bisa kredit online barang di e-commerce s.d 12 bulan

Nah, kalau mau belanja dengan cara cicilan, total belanjaannya minimal harus mencapai Rp 1 juta. Sejuta ini sifatnya akumulasi, jadi kalau mau beli lima barang sekaligus terus bayarnya nyicil juga boleh, asalkan totalnya jadi Rp 1 juta ke atas. Pas di halaman pembayaran pilih metode pembayaran cicilan online tanpa kartu kredit pakai Kredivo terus pilih tenor yang tersedia.

Untuk belanja cicilan, tersedia tenor mulai 3, 6, hingga 12 bulan, dengan suku bunga cicilan tetap 2,95% aja per bulannya. Nyicil pakai Kredivo, nggak perlu uang muka. Saya sendiri coba fitur yang satu ini buat nyicil hp entry level Xiaomi yang harganya Rp 1,5 juta dalam tempo 3 bulan. Nggak pakai uang muka, langsung checkout aja dari Lazada pakai Kredivo. Nanti tinggal login ke akun Kredivo kita, deh untuk konfirmasi sekaligus persetujuan kredit. 

Di mana aja e-commerce yang bisa cicilan online pakai Kredivo? Jawabannya, banyak banget! Kalau kamu udah download aplikasi Kredivo, kamu bisa cek sendiri daftar merchant yang tersedia. Kalau dihitung-hitung mungkin ratusan. Yang populer kayak Shopee, Lazada, Bhinneka, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Tiket.com, juga udah partneran sama Kredivo. Nggak cuma merchant online, yang offline atau konvensional kayak Samsung Store, Erafone, Keds, Wakai, dan Sentra Ponsel. Menurut saya, kredibilitas Kredivo sebagai aplikasi fintech kredit online makin nambah dengan partneran sama merchant atau e-commerce yang besar di Indonesia. 

Bisa nyicil akomodasi untuk keperluan mendesak atau traveling

Mau jalan-jalan tapi nggak punya kartu kredit buat nyicil tiket pesawat atau hotel yang mahal? Gampang, Kredivo-in aja. Di aplikasi Kredivo sendiri udah tersedia fitur pembelian tiket pesawat yang bisa cicilan dengan motong langsung limit yang kita punya. Kalau hotel, tiket bus, dan akomodasi lainnya, kita bisa beli di Online Travel Agent yang udah jadi mitra Kredivo kayak Tiket.com, Panorama Tours, Pegipegi.com, dan masih banyak lagi. Saya sendiri belum pernah coba fitur yang satu ini, mungkin nanti buat liburan akhir tahun!

Bisa untuk pinjam uang tunai untuk berbagai kebutuhan

Ini juga jadi salah satu fasilitas kredit paling menari: pinjaman online tunai! Jadi, limit kredit yang kita punya di Kredivo bisa lho dicairin jadi uang tunai lewat fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pengajuan pinjaman mulai dari Rp500.000 untuk pinjaman mini dan Rp1.000.000 ke atas untuk pinjaman jumbo. Tenor pinjaman yang tersedia mulai dari 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan, dengan suku bunga 2,95% per bulan. Nggak punya kartu kredit buat gestun, nggak masalah. Kalau darurat, bisa coba ajuin pinjaman ke Kredivo, selama limit kredit kita masih mencukupi. 

Itu dia sepintas pengalaman saya pakai dan kulik aplikasi Kredivo. Ada yang punya pengalaman serupa? Yuk share di bawah!

Bagikan: